Waspada, Sukatani dan Tambelang Rawan Pencurian Hewan Ternak

MASYARAKAT Kecamatan Sukawangi dan Kecamatan Tambelang, diminta untuk lebih waspada dalam menjaga hewan ternak. Pasalnya, di dua kecamatan tersebut saat ini sedang rawan aksi pencurian ternak.

Demikian ditegaskan Kapolsek kecamatan Tambelang, Supriyanto. Dia mengatakan, wilayah perkampungan seperti Sukawangi dan Tambelang sangat rawan terhadap aksi kejahatan seperti pencurian ternak. Di amengaku, meskipun pelakunya sering tertangkap, namun aksi tersebut masih saja terjadi.

“Kasus pencurian terjadi karena warga kurang berhati-hati menjaga hewan peliharannya. Salah satunya karena kandang hewan yang berada di belakang rumah, pintu kandang juga enggak di kunci dengan ketat, kalau hanya kunci kecil sangat mudah sekali di bukanya sama pencuri,” katanya kepada Radar Bekasi (Grup Pojoksatu.id).

Dia mengaku, pihak kepolisian sudah sering memberikan himbauan dan kepada apratur desa, agar warga di berikan penyuluhan untk lebih berhati-hati saat menjaga hewan peliharaannya.

“Terkadang pencurian itu terjadi bukan karena niat, tapi karena ada kesempatan. Misalkan pemuda lagi nongkrong, tiba-tiba ada kambing yang melintas.Sontak langsung saja timbul otak jahat karena ada kesempatan, mangkanya pemilik juga harus menjaganya,” tuturnya sembari mengaku, hewan ternak seperti kambing sangat mudah untuk dijual.

Dia meminta agar ronda malam kembali di lakukan. Sehingga bisa memperkecil angka kasus pencurian ternak diwilayah tersebut. Meskipun pencurian ternak masuk kedalam kasus kecil, namun menurutnya jangan dibiarkan begitu saja.

“Saya juga sering menghimbau kepala desa setiap rapat minggon, agar mau menghidupkan kembali kegiataan ronda malam. Dengan ronda setiap malemnya kampung akan ramai. Kalau bisa buat jadwal ronda, saya yakin dengan cara seperti itu kasus pencurian hewan akan menurun, bahkan enggak akan ada lagi,” tutupnya.

(pra/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …