Wakapolsek Bantargebang Minta Warga Waspadai ISIS

Sosok tersangka pengrusakan truk samph milik DKI Jakarta, Selasa (10/10/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Sosok tersangka pengrusakan truk samph milik DKI Jakarta, Selasa (10/10/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

WAKIL Kepala Kepolisian Sektor Bantargebang, Teli Arazka Putra, meminta agar warga dapat berkoordinasi dengan baik apabila ada seorang mencurigakan diwilayahnya.
Hal ini menyusul penggerebekan terduga simpatisan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Gang Yamin RT 01/06, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, belum lama ini oleh anggota detasemen khusus 88 Antiteror Mabes Polri.
“Koordinasi antara warga dan kepolisian itu penting, terutama para Ketua RT/RW, karena mereka yang bersentuhan langsung dengan warganya,” kata Teli, Rabu (15/11/2017) kepada GoBekasi.co.id.
Ia mengimbau, jika ada gerakkan atau aktifitas mencurigakan diwilayahnya dapat segera berkoordinasi dengan instansi terkait.
“Bisa langsung dengan Bimaspol dan Babinsa, itu segera akan kita tindaklanjuti,” ujarnya.
Memang, kata dia, untuk simpatisan atau anggota yang terindikasi terlibat jaringan ISIS sudah terpantau dari pusat.
Namun, kepolisian dalam menindak gerakkan itu membutuhkan bukti kongkret. Pihaknya tidak bisa langsung menangkap terduga pelaku jika baru sebatas komunikasi singkat.
“Misalnya saja, hanya menanyakan kabar (dengan teroris). Namun pusat bisa menindak jika sudah ada rencana melalui komunikasi itu, kalau cuma ahlan wasahlan, tidak bisa karena terbentur UU Teroris,” jelas dia.
“Maka dari itu, RT/RW juga harus selektif jika mendata warganya, aktifitas warga yang meresahkan, mencurigakan bisa langsung kordinasi,” tambahnya.
Sejatinya, RT/RW kata Teli, dapat mencurigai penghuni kontrakan yang memang keadaan rumahnya tak seperti sebagaimana mestinya berumah tangga.
“Misalnya yang ngontrak sudah 3 hari pindah, namun barang-barangnya tidak ada, hanya bawa keluarga, sementara isinya hanya tikar/karpet dan baju saja, itu bisa dicurigai. Karena kebanyakan mereka seperti itu agar leluasa kabur tanpa membawa dibebankan barang bawaan,” tandasnya. (kub/gob)


loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …