Berpeluang di Pilkada Kota Bekasi, Kelemahan Rieke Pitaloka Rawan Dibidik

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, saat mensosialisasikan Empat Pilar dan membentuk kader kesehatan, Sabtu (27/2/2016). (Foto: Uta/Kontributor GoBekasi)

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, saat mensosialisasikan Empat Pilar dan membentuk kader kesehatan, Sabtu (27/2/2016). (Foto: Uta/Kontributor GoBekasi)

PELUANG Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka untuk diusung di Pilkada Kota Bekasi 2018 dinilai sangat besar. Sehingga, bukan tidak mungkin namanya menjadi kandidat yang terkuat di internal PDI Perjuangan (PDIP).

“Saya kira Rieke cukup besar peluangnya untuk direkomendasi partai ,” ujar akademisi Unisma Bekasi, Adi Susila.

Apalagi, kata Adi, mesin politik PDIP di Kota Bekasi cukup kuat. Di antaranya bisa mengusung pasangan kepala daerah tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Karena perolehan kursi di parlemen sebanyak 12 kursi.

Selain itu, lanjut dia, Rieke memiliki basis yang cukup kuat, terutama di kalangan buruh.

“Basisnya cukup kuat, basis yang jelas buruh,” katanya.

Menurut Adi, figur perempuan tidak menjadi masalah di pesta demokrasi. Apalagi karakter masyarakat Kota Bekasi cukup rasional, yakni mengharapkan pemimpin yang bisa mensejahterakan rakyatnya.

“Masyarakat Kota Bekasi tidak melihat gender, jadi tidak masalah meski perempuan,” ucapnya.

Namun demikian, sambung dia, Rieke juga memiliki kelemahan yang kemungkinan bisa dimanfaatkan lawan politiknya, jika ia direkomendasikan partai.

“Dia ada kelemahanya di masalah rumah tangga dia, takutnya lawan politiknya memainkan isu itu nanti,” ungkapnya.

(oke/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …