Kendala Petani Desa Wanajaya

Petani Desa Wanajaya, Cibitung, tengah memanen. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Petani Desa Wanajaya, Cibitung, tengah memanen. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

PETANI di Desa Wanajaya, Cibitung, mengaku masih terkendala sejumlah hal pada setiap musim tanam. Hal itu dikatakan Ketua Kelompok Tani Warga Jaya Rustam Effendi beberala waktu lalu.

“Kita kendala yang dihadapi air. Karena lahan kita lebih tinggi dari irigasi. Kita butuh pompa. Alhamdulillah melalui Kodim (0509, Red) kita dikasih 4 pompa. Satu pompa untuk 5 anggota,” ujar Rustam.

Poktan Warga Jaya beranggotakan 20 petani, menggarap lahan TNI seluas 33,1 hektare dari luas total 43 hektare. Mereka menanam 2 jenis padi, yakni ciherang dan mekonga.

“Kita dapat 6 ton per hektare. Inginnya lebih tinggi, tapi karena kontur tanah di sini beda dari yang lain. Itu sudah alhamdulillah,” ujar Rustam.

Modal per hektare yang dikeluarkan petani setempat mencapai Rp9 juta, angka tersebut dapat beranjak lebih tinggi jika terdapat hama pada lahan garapan. Untuk bibit para petani membeli sendiri di kios.

“Setahun kita 2 kali panen. Kita sewa per panen satu ton setengah atau 15 kuintal,” jelasnya. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …