Disdukcasip Kota Bekasi Tunggu Intruksi Soal Aliran Kepercayaan di Kolom Agama KTP

Aliran Kepercayaan bakal dicantumkan di KTP.

Aliran Kepercayaan bakal dicantumkan di KTP.

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi dapat menerapkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pencantuman kepercayaan dalam kolom agama di KTP.

“Kita mau minta petunjuk juga, apa otomatis, apa diubah dulu undang–undangnya,” kata Kepala Disdukcapil Erwin Effendi saat dihubungi Radar Bekasi, Kamis (9/11/2017).

Dia mengatakan, pihaknya akan mengikuti peraturan dari Pemerintah. Selain itu, kata Erwin, ia juga masih menunggu petunjuk pelaksanan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis).

“Enggak, sekarang masih setrip aja. Masih perlu ada petunjuk pelaksanaan, ini akan kita tanyakan di Rakor, kita ikut peraturan aja, kalau secara nasional harus ya harus,” ujarnya.

Terpisah, Pemuka Penghayat Kepercayaan Kota Bekasi, Nurjan (43) mengatakan, pihaknya menyambut baik dikabulkannya gugatan Pasal 61 Undang–Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Pasal 64 Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang mewajibkan mengisi kolom agama di KTP.

“Kalau masalah kedepannya bagaimana nanti aturan dari pemerinta, kita ikut saja peraturan pemerintah. Kita merespon positif,” kata warga Kelurahan Mustika Sari itu.

Saat ini, kata dia, sudah ada sekitar 700 orang di Kota Bekasi yang menjadi penganut penghayat kepercayaan. Selama ini, menurutnya, tidak ada kendala bagi penganut penghayat kepercayaan di Kota Bekasi. Bahkan, Kota Bekasi lebih dulu menerima adanya penghayat kepercayaan.

“Kalau masalah perubahan kita mengikuti saja aturan yang ada. Kita siap bekerjasama dengan pemerintah. Mudah–mudahan semuanya berjalan dengan baik. KTP yang belum berubah kita rubah pelan–pelan, itu harus dirubah semua,” tambahnya.

Sekedar informasi, beberapa waktu lalu Mahkamah Konstitus diketahui mengabulkan gugatan Pasal 61 Undang–Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Pasal 64 Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang mewajibkan mengisi kolom agama di Kartu Tanda Penduduk. (neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …