6 Cara Sederhahana Turunkan Kolesterol

Pasien saat dites Kolesterol. Foto: Ilustrasi

Pasien saat dites Kolesterol. Foto: Ilustrasi

KOLESTEROL Anda sedang tinggi? Jangan khawatir. Memang, ada obat-obatan dari dokter yang bisa membantu menurunkan kolesterol Anda.

Tapi tahukah Anda bila ada cara sederhana dan alami yang juga sangat membantu.

Berikut ini beberapa tips menurunkan kolesterol, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (9/11).

1. Minum teh

Minum teh bisa membantu menurunkan kolesterol. Sebuah studi meta-analisis yang mempelajari efek konsumsi teh hijau menemukan bahwa minuman yang diseduh ini bisa meningkatkan kolesterol dengan baik.

Sebuah meta-analisis 2015 menemukan bahwa konsumsi teh hitam bisa menurunkan kadar LDL secara signifikan.

2. Makan sedikit lemak jahat

Minyak terhidrogenasi parsial bukan satu-satunya sumber lemak trans dalam makanan kita.

Lemak trans juga ditemukan secara alami pada lemak daging sapi dan lemak susu dalam jumlah kecil.

Lemak trans lebih buruk untuk kadar kolesterol daripada lemak jenuh karena meningkatkan LDL dan menurunkan kadar HDL yang baik. ”

3. Menerapkan pola makan nabati

Hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University menemukan bahwa setelah empat minggu, para peserta yang mengonsumsi makanan nabati yang kaya akan nutrisi dan fitokimia mampu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL secara signifikan melebihi peserta yang mengonsumsi makanan rendah lemak standar.

Makanlah makanan dengan kadar glikemik rendah yang tinggi serat dan termasuk lemak sehat.

Anda juga harus mengonsumsi banyak protein berkualitas baik, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Olahraga

Olahraga, olahraga, olahraga. Anda tidak perlu berlari maraton. Hanya bergerak.

Salah satu cara olahraga bisa menurunkan kolesterol adalah dengan membantu Anda menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Kelebihan berat badan cenderung meningkatkan kolesterol LDL yang buruk, sehingga masuk akal mendapatkan lebih banyak gerakan ke hari Anda akan membantu.

Olahraga bahkan bisa meningkatkan HDL yang baik.

Meskipun semua jenis olahraga membantu kesehatan jantung Anda, penelitian telah menemukan cardio yang dilakukan selama 30 menit atau lebih (dan itu termasuk interval) tampaknya merupakan patokan yang baik.

5. Makan banyak biji-bijian

Menurut Harvard School of Public Health, mengonsumsi keseluruhan bukan biji-bijian olahan secara substansial menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL atau kolesterol jahat, trigliserida, dan kadar insulin.

Salah satu dari perubahan ini diharapkan bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Statin

Sementara diet dan olahraga dapat membuat perbedaan besar pada kadar kolesterol Anda, dokter Anda mungkin memilih untuk memberi resep obat yang bisa menurunkan kadar LDL lebih lanjut.

American Heart Association mengatakan bahwa statin biasanya direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi karena mereka adalah satu-satunya kelas obat penurun kolesterol yang memiliki hubungan langsung dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke. (fny/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …