UMK Kota Bekasi Bakal Lebih Tinggi daripada Jakarta?

TUNGGU PENETAPAN: Ratusan ribu buruh di Kabupaten Bekasi menunggu penetapan UMK 2016 oleh pemerintah daerah.DOKUMENTASI/RADAR BEKASI

TUNGGU PENETAPAN: Ratusan ribu buruh di Kabupaten Bekasi menunggu penetapan UMK 2016 oleh pemerintah daerah.DOKUMENTASI/RADAR BEKASI

JUMLAH Upah Minimum Kota Bekasi disebut akan lebih dibanding Upah Minimum di Provinsi DKI Jakarta. Demikian hal itu disampaikan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

“Pokoknya di atas DKI (Daerah Khusus Ibukota Jakarta), enggak boleh kalah dengan DKI. Sudah clear (sebelum Desember),” kata pria yang akrab disapa Pepen itu.

Menurut Pepen, Upah Minimum Kota Bekasi diperkirakan tidak akan membuat pengusaha di Kota Bekasi bergejolak. Selain itu, buruh di Kota Bekasi ditempatkan pada kesejahteraan.

“Investasi kan ukurannya tidak dari itu saja. Investasi dijamin kepastian hukumnya dan perlindungan hukumnya. Aman, pasti cepat, bukan dari indikator itu saja. Buruh murah kalau enggak aman maka beban ekonominya menjadi tinggi,” ucap Pepen.

Terpisah, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi Sudirman mengatakan, pihaknya mengacu kepada PP 78 tahun 2015 terkait dengan penentuan UMK buruh di wilayahnya.

“Kalau kita memakai PP 78, adapun kalau misalkan nanti usulan dari buruh sekian, pihak pengusaha menawar sekian, ya itu mah boleh – boleh aja untuk dibicarakan,” katanya, Rabu (8/11/2017).

Di Kota Bekasi, kenaikan jumlah UMK diperkiraan lebih dari Rp300 ribu. Hal itu, kata dia, disebabkan karena nilai UMK yang ada saat ini sudah cukup besar mencapai Rp3.601.650.

Untuk kenaikan UMK berdasarkan PP 78 merupakan jumlah dari Rp3.601.650 X 8,71 persen.

“Jadi waktu dikalikan dengan hasil Inflasi dan PDB (Product Domestic Bruto) itu ya Kota Bekasi kenaikannya sekitar Rp300 ribu lah,” tambahnya.

Dirinya pun menambahkan, sidang pengupahan akan dilakukan bersama dengan buruh dan pengusaha dan akan dilakukan pada hari ini, Kamis (9/11/2017).

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …