Pendatang Bikin Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Bekasi Melonjak

Ilustrasi job fair di Kabupaten Bekasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

Ilustrasi job fair di Kabupaten Bekasi. (Foto: Dokumentasi Radar Bekasi)

KEPALA Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Bekasi, Encep S. Jaya, mengatakan tingkat laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) atau jumlah kelahiran penduduk di Kabupaten Bekasi masih terbilang cukup tinggi.

Menurut Encep, LPP di Kabupaten bekasi bisa menjadi kendala dalam upaya pencepatan pembangunan yang akan dilakukan kedepan.

“Tingginya LPP ini bukan semata tanggung jawab pemerintah daerah, tapi elemen masyarakat mempunya andil penting dalam menekan pertambahan penduduk,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bekasi mencapai 147.200 jiwa. Dari angka itu menempatkan Kabupaten Bekasi menjadi daerah tertinggi di Jawa Barat dengan laju pertumbuhan penduduk mecapai 4,7 persen.

“Tingginya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bekasi didominasi oleh kaum urban. Sedikitnya ada 64 ribu pendatang baru yang mencari kerja dan menetap di Kabupaten Bekasi setiap tahunnya,” ucapnya.

Meski didominasi oleh pendatang, namun pihaknya tidak bisa mengetahui berapa jumlah penduduk yang datang, karena pendataan itu harus dilakukan selama 6 bulan.

Lanjut Encep, kelahiran bukan menjadi yang utama dalam proses penambahan jumlah penduduk, namun diakui Encep pihaknya tetap melakukan pengendalian penduduk dengan cara sosialiasi program keluarga berencana.

Setiap keluarga diminta menjadi penggunaan KB agar mengendendalikan jumlah penduduk, Dinasnya pun juga selalu mencapai target akseptor KB setiap tahun. (dam/gob)



loading...

Feeds