Ketika Kali Sepak di Tambun Utara Penuh Busa

Kali Busa di Desa Satriajaya, Tambun Utara, Kamis (1/11/2017). (Foto: Ist)

Kali Busa di Desa Satriajaya, Tambun Utara, Kamis (1/11/2017). (Foto: Ist)

GUMPALAN busa besar yang muncul di Kali Busa, Tambun Utara, pada Kamis (1/11/2017) menyita perhatian masyarakat sekitar.

Kementerian LH segera mengambil sampel air kali tersebut pada Jumat (2/11/2017) untuk diteliti dan mencari pencemar kali tersebut.

Ketua RW 14, Hasanuddin, menuturkan, kali busa sering dialiri limbah berbentuk busa yang diduga berasal dari pabrik di sepanjang aliran kali itu.

Bahkan, saking banyaknya busa di kali itu, namanya menjadi Kali Sepak. Padahal, kata Hasanuddin, nama sebenarnya kali itu adalah Kali Sepak.

“Kali ini namanya kali sepak tadinya, karena banyak busa, jadi kali busa masyarakat sini sebutnya. Tiap hari emang kadang ada aja busa-busa yang muncul di kali, tapi kalau yang banyak sampai kelihatan putih-putih gini enggak sering” katanya.

Pada 2015, kejadian serupa terjadi, ketika gumpalan busa besar berada di kali dan naik hingga permukaan. Kali ini juga pernah dipenuhi sampah sampai tercium bau tidak sedap. Otomatis hal itu jadi penyebab banjir di kali itu.

“Tahun lalu kita banjir karena kali mampet banyak sampah. Nah, sekarang banyak busa. Kita pengen kali disini bersih. Kita dari masyrakat juga antusias dengan menjaga lingkungan tapi kalau masih ada pabrik yang buang limbah ke kali kan kita yang susah,” tuturnya.

Busa Kali 'Serang' Warga Karangsatria

Busa Kali di Karang Satria mulai menyerang warga. Warga setempat pun resah, Kamis (2/11/2017). Foto: Ist/Gobekasi

Sementara ini, pihak Kementerian LH belum dapat memastikan gumpalan busa tersebut berasal dari sumber mana karena masih banyak kemungkinan diantaranya limbah perumahan, limbah domestik, usaha skala kecil dan industri.

“Kita belum bisa buktikan dari mana. Kita ambil sampel, kita knventarisir sumber pencemaran apa. Apa dari penduduk, usaha kecil atau industri,” jelas Staf Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Isa Ansori. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …