PLN Area Bekasi: 1,8 Juta Jaringan Listrik Tersambung

(Ilustrasi) Pekerja tengah memperbaiki travo PLN yang korslet di Jalan Chairil Anwar Bekasi Timur Kota Bekasi, kemarin.ANDI/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Pekerja tengah memperbaiki travo PLN yang korslet di Jalan Chairil Anwar Bekasi Timur Kota Bekasi, kemarin.ANDI/RADAR BEKASI

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Bekasi mencatat saat ini sekitar 1.849.915 sambungan listrik sudah terpasang di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

Dengan demikian, mereka berani mengklaim eletrifikasi sambungan listrik sepanjang 2017 sudah 100 persen.

Manajer PLN Area Bekasi, Reny Wahyu Setiawan menyampaikan, penghitungan ratio elektrifikasi dilakukan berdasarkan permintaan pelanggan.

Namun, sambungan yang ada untuk menyuplai kebutuhan pelanggan PLN yang ada di wilayah area Bekasi sudah bisa menutupi kebutuhan.

“Elektrifikasi sudah 100 persen, pada Desember mendatang prediksinya sudah melampaui target,” ungkap Reny, Sabtu (4/11/2017).

Reny menjelaskan, pada 2017 target elektrifikasi sambungan listrik di wilayah Kabupaten Bekasi adalah sebanyak 1.021.887.

Jumlah ini tersebar di 26 Kecamatan, 207 desa dan 14 kelurahan yang ada. Namun hingga September 2017, sebanyak 1.043.532 rumah tangga telah teraliri listrik.

Sedangkan, untuk wilayah Kota Bekasi, dari total sasaran target sebanyak 827.918 rumah tangga di 56 kelurahan dan 12 kecamatan, sebanyak 841.636 rumah tangga telah teraliri listrik hingga September 2017.

“Rata-rata kebutuhan listrik maksimal untuk kelas rumah tangga di wilayahnya mencapai 1.300 volt amphere (VA),” kata dia.

Menurut Reny, tingkat pertumbuhan dan pembangunan di Kota dan Kabupaten Bekasi memungkinkan untuk tercapainya elektrifikasi 100 persen di area tersebut. Sehingga, permintaan sambungan listrik cenderung tinggi.

Saat ini, ada sekitar 351 penyulang (tiang tegangan menengah berkapasitas 20 kilo volt amphere (kva) berdiri di Bekasi.

Adapun, panjang jaringan yang terpasang sudah sekitar 5.400 kilometer sirkuit (kms) dan sebanyak 5.500 unit gardu siap mendistribusikan listrik ke rumah-rumah.

“Demografi wilayah Bekasi yang cenderung dasar pun mempengaruhi hasil akhir elektrifikasi,” jelas Reny.

Humas PLN Area Bekasi, Harwito menambahkan, pencapaian target ratio elektrifikasi jaringan listrik pada 2017 juga dipengaruhi oleh sejumlah promosi pemasangan listrik yang ditawarkan.

Hal ini amat membantu mendongkrak angka jumlah jaringan listrik yang terpasang.

Misalnya, kata dia, dalam program khusus satu hari sambungan listrik pihaknya mendapat sekitar 6.000 jaringan listrik tersambung.

Mayoritas ada di wilayah Cikarang dan Lemah Abang, Kabupaten Bekasi. Sedangkan pada Hari Listrik Nasional (HLN) sekitar 7.200 pelanggan baru didapat dalam satu hari kerja.

“Termasuk di rumah subsidi pemerintah pusat di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi pun ada sekitar 8.400 sambungan,” jelas Harwito.

Tidak hanya itu, kata Harwito, sambungan listrik cadangan pun telah siap dipasang ke 8 pelanggan di tambak udang yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo.

Pihaknya mengklaim masih memiliki cadangan daya sekitar 400 mega watt yang setara dengan kebutuhan pasokan listrik untuk 400 wilayah kecamatan.

“Cadangan listrik sudah siap dialiri, tinggal tunggu instruksi dari pihak ketiga, Bank Mandiri,” imbuh dia.

Ia juga mengatakan, seorang warga Teluk Jambe, sempat mengadu pada Presiden Joko Widodo lantaran permukimannya belum juga dialiri listrik. Ia bernama Remiyati.

“Untuk warga yang mengeluh pada Presiden itu tidak termasuk area Bekasi, sebab Teluk Jambe masuk area Karawang,” tandasnya.

Harwito juga menginformasikan kembali kalau saat ini PLN masih memberikan diskon kepada pelanggan untuk pemasangan baru dengan tidak membayar 72 persen dari harga pemasangan.

“Mulai dari 450VA-197.000 VA diskonnya sama sebesar 72 persen, ini berlaku sampai dengan akhir tahun ini, 31 Desember 2017, penyambungan dibebaskan uang jaminan,” jelas dia.

Diskon itu dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2017, belum lama ini.

Dalam usia yang ke-72, PLN Area Bekasi tentunya juga mempunya terobosan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan 11 unit gardu yang bergerak dengan kapasitas daya 250 VA-630 VA.

Terobosan lain adalah melakukan kegiatan sosialisasi mengimplementasikan aplikasi PLN Mobile. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …