Obesitas Saat Hamil, Apa Risikonya?

Hamil. Foto: Health

Hamil. Foto: Health

KELEBIHAN berat badan, bahkan obesitas, masih menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang.

Obesitas adalah kondisi ketika indeks massa tubuh (IMT)/ body mass index (BMI) seseorang lebih dari 25 (menggunakan standar untuk ras Asia-Pasifik).

Penyebab yang mendasari obesitas adalah adanya ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan keluar.

Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan asupan makanan yang mengandung tinggi energi (contohnya, makanan yang mengandung lemak), serta adanya penurunan aktivitas fisik seperti gaya hidup yang dimudahkan oleh teknologi (misalnya, mobilitas menggunakan kendaraan).

Beberapa penyakit yang risiko terjadinya dipengaruhi oleh kondisi obesitas, yaitu penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoartritis, serta beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat, dan sebagainya.

Obesitas saat hamil juga meningkatkan risiko beberapa penyakit sebagai berikut:

1. Preeklamsia.

Preeklamsia adalah suatu keadaan tekanan darah tinggi yang terjadi saat kehamilan atau setelah kehamilan. Tak hanya bisa mengganggu fungsi organ ginjal dan hati, preeklamsia juga dapat menyebabkan kejang yang sudah bisa dibilang masuk dalam kondisi eklamsia. Bahkan, pada kasus tertentu dapat mengakibatkan stroke.

2. Diabetes Gestasional.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi saat kehamilan. Wanita dengan kondisi ini bukan tidak mungkin mengalami diabetes seterusnya dan diturunkan kepada anaknya.

3. Sleep Apnea.

Sleep Apnea adalah suatu keadaan ketika seseorang berhenti bernapas dalam periode waktu yang singkat saat tidur. Selama kehamilan, sleep apnea dapat menimbulkan gejala kelelahan dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan paru.(RS/RVS/klikdokter)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …
Pembangunan tribun lapangan multiguna, Bekasi Timur, Jumat (24/11/2017). (Foto M Yakub)

Stadion Mini Multiguna Mulai Digarap

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali memulai bangun kursi penonton di Stadion Mini Multiguna, Bekasi Timur. Pantauan GoBekasi, yang terbangun hanya baru …