Obesitas Saat Hamil, Apa Risikonya?

Hamil. Foto: Health

Hamil. Foto: Health

KELEBIHAN berat badan, bahkan obesitas, masih menjadi masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang.

Obesitas adalah kondisi ketika indeks massa tubuh (IMT)/ body mass index (BMI) seseorang lebih dari 25 (menggunakan standar untuk ras Asia-Pasifik).

Penyebab yang mendasari obesitas adalah adanya ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan keluar.

Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan asupan makanan yang mengandung tinggi energi (contohnya, makanan yang mengandung lemak), serta adanya penurunan aktivitas fisik seperti gaya hidup yang dimudahkan oleh teknologi (misalnya, mobilitas menggunakan kendaraan).

Beberapa penyakit yang risiko terjadinya dipengaruhi oleh kondisi obesitas, yaitu penyakit jantung, stroke, diabetes, osteoartritis, serta beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat, dan sebagainya.

Obesitas saat hamil juga meningkatkan risiko beberapa penyakit sebagai berikut:

1. Preeklamsia.

Preeklamsia adalah suatu keadaan tekanan darah tinggi yang terjadi saat kehamilan atau setelah kehamilan. Tak hanya bisa mengganggu fungsi organ ginjal dan hati, preeklamsia juga dapat menyebabkan kejang yang sudah bisa dibilang masuk dalam kondisi eklamsia. Bahkan, pada kasus tertentu dapat mengakibatkan stroke.

2. Diabetes Gestasional.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi saat kehamilan. Wanita dengan kondisi ini bukan tidak mungkin mengalami diabetes seterusnya dan diturunkan kepada anaknya.

3. Sleep Apnea.

Sleep Apnea adalah suatu keadaan ketika seseorang berhenti bernapas dalam periode waktu yang singkat saat tidur. Selama kehamilan, sleep apnea dapat menimbulkan gejala kelelahan dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan paru.(RS/RVS/klikdokter)



loading...

Feeds

BMI Kota Bekasi Perkuat Konsolidasi

BMI Kota Bekasi Perkuat Konsolidasi

DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Bekasi terus memperkuat konsolidasi organisasi dengan melantik pengurus di tingkat kecamatan dan kelurahan se-Kota …
20180217_151323

Industri Makanan Beku Belum Maksimal

KETUA Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhy S. Lukman menilai industrimakanan beku masih memiliki prospek yang sangat bagus. …
Oh Enaknya jadi Gianluigi Buffon

Oh Enaknya Jadi Gianluigi Buffon

KIPER Juventus Gianluigi Buffon tidak perlu bingung lagi mencari pekerjaan setelah gantung sepatu dari dunia sepak bola. Penyebabnya, federasi sepak …