Jangan Malas Mencuci Piring, Ini Manfaatnya buat Hidup Anda

Kegiatan mencuci piring. Foto: Ilustrasi

Kegiatan mencuci piring. Foto: Ilustrasi

KABAR bahagia bagi Anda ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga yang cukup melelahkan bisa dihilangkan dengan sebuah terapi, yang melibatkan salah satu pekerjaan rumah tangga, yakni mencuci piring.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para periset di Florida State University menunjukkan bahwa tindakan mencuci piring sebenarnya bisa mengurangi tingkat stres. Bahkan bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Sebanyak 51 mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Mindfulness.

Lebih dari separuh peserta diajari untuk fokus pada pengalaman sadar mencuci piring, seperti aroma sabun, rasa busa, suhu air dan bentuk dan desain piring.

Sisa peserta, yang bertindak sebagai kelompok kontrol, fokus hanya menyelesaikan pekerjaan. Temuan tersebut ternyata signifikan.

Para siswa yang belajar tentang pendekatan sadar melaporkan penurunan 27 persen dalam kegugupan dan peningkatan stimulasi mental 25 persen setelah mencuci piring.

Kelompok kontrol menunjukkan adanya ketegangan pada otak.

“Saya memiliki minat dalam perhatian penuh selama bertahun-tahun, baik sebagai praktisi kontemplatif dan peneliti,” kata peneliti Adam Hanley, seperti dilansir laman The Real Simple.

“Saya sangat tertarik pada bagaimana aktivitas duniawi dalam kehidupan bisa digunakan untuk mempromosikan keadaan sadar dan dengan demikian, bisa meningkatkan keseluruhan kesejahteraan,” pungkas Hanley.

Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal. (fny/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …