Ingin Mata Anda Sehat? Intip 5 Tips Penting Ini

Pemeriksaan Mata. Foto: Ilustrasi

Pemeriksaan Mata. Foto: Ilustrasi

TERKADANG kita sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia.

Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.

Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah beberapa cara merawat kesehatan mata, seperti dilansir laman MSN.

1. Konsumsilah makanan yang sehat

Diet bergizi memiliki manfaat untuk semua jenis kondisi kesehatan, namun beberapa makanan sangat bermanfaat untuk mata Anda.

Ikan berlemak seperti ikan tuna, herring atau sarden kaya akan omega-3 yang memberi nutrisi pada membran sel syaraf, termasuk retina dan membantu mencegah timbulnya penyakit mata yang terkait dengan penuaan.

Termasuk buah dan sayuran dalam makanan Anda, terutama clementines, jeruk, blueberry, wortel dan bayam serta brokoli juga bisa meningkatkan kesehatan mata karena kandungan antioksidan dan vitamin A dan C yang membantu melindungi kornea. mata, mencegah katarak dan mencegah kelelahan mata.

2. Berjemur dipagi hari

Menghabiskan lebih banyak waktu terpapar cahaya alami adalah salah satu tips untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Berada di luar rumah akan memberi kesempatan pada mata untuk fokus pada hal-hal yang jauh dan beristirahat dari pekerjaan close-up dan ini juga membuka mata kita terhadap cahaya luar yang terang yang tampaknya mengurangi risiko kita untuk mengembangkan rabun dekat (miopia.)

Idealnya, anak-anak harus menghabiskan setidaknya dua jam sehari di luar untuk membantu mencegah kondisi berkembang.

3. Jangan merokok

Berhenti merokok memiliki efek positif pada semua area kesehatan dan juga sangat penting untuk kesehatan mata.

Merokok meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula dan kerusakan pada saraf optik Anda.

Berhenti merokok juga membantu menjaga berat badan sehat yang bantu mengurangi risiko diabetes yang juga bisa menyebabkan masalah mata.

4. Lakukan pemeriksaan rutin

Mengenal sejarah kesehatan mata dan keluarga Anda sendiri penting jadi pastikan Anda melakukan pemeriksaan rutin, terutama jika ada kondisi mata turun-temurun.

Marcela Frazier dari University of Alabama di Birmingham di AS, juga merekomendasikan untuk mengawasi masalah mata pada anak-anak yang bisa menjadi lebih nyata saat mereka mulai sekolah.

Dia menyarankan untuk melihat keluhan sakit kepala, lelah setelah membaca, menyipitkan mata dan memegang buku di dekat mata yang semuanya bisa diakibatkan oleh perubahan penglihatan.

5. Menghabiskan terlalu banyak waktu pada perangkat digital Anda mungkin sangat buruk bagi mata Anda

Strain mata digital adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan fisik sementara, menurut sebuah laporan oleh Dewan Visi.

Untuk menghindari kondisi tersebut yang bisa menyebabkan mata kemerahan, iritasi, mata kering, penglihatan kabur, kelelahan mata, sakit punggung dan leher dan sakit kepala, para ahli merekomendasikan untuk beristirahat secara teratur dan juga menyesuaikan hal-hal seperti ukuran teks, postur tubuh dan pengaturan komputer. (fny/jpnn/gob)



loading...

Feeds

BMI Kota Bekasi Perkuat Konsolidasi

BMI Kota Bekasi Perkuat Konsolidasi

DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Bekasi terus memperkuat konsolidasi organisasi dengan melantik pengurus di tingkat kecamatan dan kelurahan se-Kota …
20180217_151323

Industri Makanan Beku Belum Maksimal

KETUA Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhy S. Lukman menilai industrimakanan beku masih memiliki prospek yang sangat bagus. …
Oh Enaknya jadi Gianluigi Buffon

Oh Enaknya Jadi Gianluigi Buffon

KIPER Juventus Gianluigi Buffon tidak perlu bingung lagi mencari pekerjaan setelah gantung sepatu dari dunia sepak bola. Penyebabnya, federasi sepak …