Desa Tambun Rintis BUMDes Mart

Suasana BUMDes Mart milik Desa Tambun di Tambun Selatan. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Suasana BUMDes Mart milik Desa Tambun di Tambun Selatan. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

GAUNG usaha desa secara kasat mata tampaknya belum terlihat di tengah masyarakat walaupun banyak yang telah eksis. Hal itu yang melatarbelakangi Desa Tambun mendirikam BUMDes Mart di Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan.

Kepala Desa Tambun Jaut Sarja Winata menjelaskan, pihaknya memilih usaha ritel karena ingin membuktikan kepada masyarakat dan kepada desa lain bahwa ada BUMDes yang berdiri di tengah masyarakat.

“Masyarakat bisa datang dan beli dan mereka tahu kalau di Desa Tambun punya BUMDes walau kita sudah punya kerja sama dengan perusahaan misal dalam bentuk distribusi air. BUMDes sudah kita lakukan sebelumnya,” jelasnya kepada gobekasi.co.id beberapa waktu lalu.

BUMDes Mart telah berdiri sejak bulan Juni 2017 dan dimulai dengan anggaran sekira 600 jutaan, 300 juta meliputi bangunan dan sisanya komoditas yang diperjualbelikan.

“Alhamdulillah sambutan masyarakat sangat baik. Kenapa kita bangun BUMDes Mart di sini, karena strategis. Di sini yang dari kantor kecamatan, Bank BRI dan KUA bisa cari makan karena warung cukup jauh,” jelas Jaut.

“Kita juga siapkan tempat istirahat, karena di sini jadi tempat kumpul karyawan kalau pagi. Di sini mereka bisa ngopi dan ngobrol. Kita siapkan pendopo biar masyarakat Tambun dan di luar Tambun nyaman,” sambungnya.

Mengenai laba sejak 4 bulan pendirian, Jaut mengaku belum mendapatkan laporan karena kepengurusan BUMDes terpisah dari Pemerintah Desa Tambun.

“Sudah cukup baik. Laporan kita belum ada, akhir tahun kita cek dan evaluasi,” tutupnya. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kebut 22 Raperda

DPRD Kota Bekasi tengah mengebut penyelesaian 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) hingga akhir tahun 2017 ini. Ketua Badan Legislatif (Banleg) …