Guru di Bekasi Dapat Pembekalan Cyber Psikology

Guru mendapatkan embinaan dan penerapan aplikasi pembelajaran berbasis Multimedia, Senin (23/10/2017). Foto: Istimewa/Gobekasi

Guru mendapatkan embinaan dan penerapan aplikasi pembelajaran berbasis Multimedia, Senin (23/10/2017). Foto: Istimewa/Gobekasi

DINAS Pendidikan Kota Bekasi, menggelar pelatihan pembinaan dan penerapan aplikasi pembelajaran berbasis Multimedia untuk Guru TK/SD se-kota Bekasi, Senin (23/10/2017).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik kota Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan kegiatan ini dilakukan selama empat hari dimulai sejak tanggal 23-26 Oktober.

Ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dunia internet atau dunia maya dan pengaruhnya terhadap anak didik.

“Pembekalan awal ini diharapkan mampu memotivasi guru untuk terus belajar dan berkembang agar bisa melakukan pengawasan ekstra terhadap penggunan internet oleh peserta didiknya,” kata Krisman.

Psikolog Universitas Mercu Buana, Jakarta, Setiawati Intan Savitri, menambahkan jika kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan pengetahuan psikologis terkait saiber psikologi,

Diharapkan nantinya guru mampu menangani anak didiknya yang telah terpapar bahaya kecanduan internet berbasis gadget maupun televisi kabel.

“Tujuan diadakannya acara ini yang pertama, sebagai pembekalan pengetahuan psikologis tentang Cyber Psikology, bagaimana para guru ini nantinya dalam menangani anak didiknya yang sedang terpapar internet baik berbasis gadget maupun televisi digital hingga games,” terang dia.

Setiawati mengakui kapasitas guru di kota Bekasi saat ini sangat tertinggal terkait penguasaan tentang Informasi Teknology (IT) dari daerah lain. Ia juga mengkhawatirkan adanya kesenjangan antara pengetahuan guru dengan siswa.

“Menurut saya dari beberapa kali diskusi, guru-guru di kota Bekasi cukup tertinggal dalam penguasaan IT, yang saya khawatirkan adalah terjadinya kesenjangan antara pengetahuan guru dengan pengetahuan anak-anak, guru tidak bisa mengawasi mereka sementara anak didik cenderung memanipulasi gurunya, karena memang anak-anak lebih pinter dari pada gurunya, dan itu masalah,” tandas dia. (kub/gob)



loading...

Feeds

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

DEWAN Pimpinan Pusat GAMKI Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Dickson Siringo Ringo, menegaskan jika organisasinya tidak akan mendukung salah satu partai …
Warga melewati banjir setinggi 70 sentimeter, Selasa (21/11/2017). (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

Air Banjir di Ciketing Udik Menghitam

SEPEKAN sudah banjir melanda warga di pemukiman Perumahan Pendidikan dan Kebudayaan (P&K), Ciketingudik, Kota Bekasi. Bukannya surut. Air di komplek …