Atasi Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Angkutan Barang Dibatasi Mulai Hari Ini

Jalan Raya Kalimalang, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Kamis (12/10) dipenuhi truk kontainer bertonase berat. Hal itu dikeluhkan oleh warga karena menimbulkan kemacetan, dan jalan jadi rusak. Foto Radar Bekasi

Jalan Raya Kalimalang, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Kamis (12/10) dipenuhi truk kontainer bertonase berat. Hal itu dikeluhkan oleh warga karena menimbulkan kemacetan, dan jalan jadi rusak. Foto Radar Bekasi

KENDARAAN angkutan berat mulai hari ini, Senin (23/10/2017) dilarang melewati ruas Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB mulai 23 sampai 27 Oktober.

Pengaturan tersebut dalam rangka uji coba dan untuk kendaraan golongan IV dan V. Kendaraan golongan tersebut dilarang masuk gerbang tol Dawean hingga Semanggi.

Humas Jasa Marga Unit Tol Jakarta-Cikampek, Handoyo, menjelaskan, uji coba pengaturan angkutan barang dikarenakan ruas Tol jakarta-Cikampek sering terjadi kepad kemacetan.

“Ini kita bikin rencana alternatif. Gimana menangani kepadatan lalu lintas melalui uji coba tersebut,” jelasnya, Senin (23/10/2017).

“Bisa jadi (uji coba akan diterapkan jika berhasil), yang jelas kita akan evaluasi bersama BPTJ dan Kementrian Perhubungan apakah skema yang kami lakukan bersama ini efektif dalam mengurangi kemacetan,” sambungnya.

Menurutnya, pada uji coba hari pertama tersebut. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek cukup lancar. Berdasarkan brosur yang disebar BPTJ di dunia maya uji coba pembatasan tersebut diperkirakan mampu meningkatkan kecepatan dari rentang 10-17 km per jam menjadi 20-30 km per jam.

“Jadi, apabila angkutan barang sudah berada di dalam tol (pada waktu uji coba), maka akan diperbolehkan jalan terus. Sementara kalau angkutan barang di kawasan industri, kendaraan akan diimbau berhenti sementara di sisi jalan,” jelas Handoyo.

Terakhir, ketika angkutan barang masih berada di jalan arteri pada waktu penetapan jalan tersebut, maka kendaraan akan diimbau menepi sampai jam uji coba pembatasan berakhir. (Dam/gob)



loading...

Feeds

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

DEWAN Pimpinan Pusat GAMKI Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Dickson Siringo Ringo, menegaskan jika organisasinya tidak akan mendukung salah satu partai …
Warga melewati banjir setinggi 70 sentimeter, Selasa (21/11/2017). (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

Air Banjir di Ciketing Udik Menghitam

SEPEKAN sudah banjir melanda warga di pemukiman Perumahan Pendidikan dan Kebudayaan (P&K), Ciketingudik, Kota Bekasi. Bukannya surut. Air di komplek …