Sebesar Ini Tagihan Kartu Bekasi Sehat Setiap Bulan

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat peluncuran Kartu Sehat berbasis NIK, Senin (16/1/2017). (Foto: Ist)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat peluncuran Kartu Sehat berbasis NIK, Senin (16/1/2017). (Foto: Ist)

KEPALA Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi, membeberkan jika tagihan rumah sakit yang bekerja sama dengan Kartu Sehat (KS) berbasis Nomor Induk kependudukan (NIK) di Kota Bekasi mencapai Rp 5 miliar setiap bulan.

Menurut dia, jumlah yang cukup tinggi diakrenakan setiap bulan frekuensi warga yang menggunakan kartu tersebut untuk berobat mencapai 4.000 hingga 5.000 orang.

“Kartu ini digunakan untuk berobat segala macam penyakit, dari tingkat sedang sampai kronis,” kata Kusnanto, Minggu (22/10/2017).

Kusnanto mengatakan, pemegang kartu yang memiliki penyakit kronis seperti jantung dan penyakit lainnya tidak perlu risau.

Pemerintah akan menanggung biaya pengobatannya, sekalipun dalam menjalani operasi yang membutuhkan biaya besar.

“Pemasangan ring jantung dengan biaya Rp 60 jutaan tetap ditanggung pemerintah,” ujarnya.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar khusus untuk pembiayaan operasional KS NIK.

Anggaran sebesar Rp 75 miliar sudah dialokasikan dari APBD murni, sedangkan Rp 25 miliar dari APBD Perubahan 2017.

Saat ini, kata dia, pemegang KS berbasis NIK di Kota Bekasi diprediksi berjumlah sekitar 400.000 Kepala Keluarga (KK). Namun, pada 2018 mendatang jumlah tersebut diprediksi naik hingga dua kali lipat. (kub/gob)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …