Pemkot Bekasi Ajukan Rp 200 Miliar untuk KBS-NIK di 2018

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat peluncuran Kartu Sehat berbasis NIK, Senin (16/1/2017). (Foto: Ist)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat peluncuran Kartu Sehat berbasis NIK, Senin (16/1/2017). (Foto: Ist)

PEMERINTAH Kota Bekasi kembali mengajukan tambahan dana subsidi kesehatan melalui produk Kartu Bekasi Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KBS-NIK) pada 2018 senilai Rp 200 miliar.

“Kita sudah mengajukan kebutuhan anggaran untuk Kartu Sehat pada 2018 Rp 200 miliar kepada DPRD Kota Bekasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Kusnanto Saidi, Minggu (22/10/2017).

Menurut dia, besaran pengajuan itu mengalami peningkatan dari 2017 sebesar Rp 75 miliar pada APBD murni dan Rp 20 miliar pada APBD Perubahan.

Apabila pengajuan itu direstui oleh DPRD Kota Bekasi, maka para pemegang KBS-NIK secara otomatis akan memperoleh perpanjangan masa kedaluarsa layanan yang semula habis per Desember 2017 diperpanjang hingga 2018.

Pihaknya saat ini tengah menargetkan penambahan KBS-NIK sebanyak 300.000 keping kartu untuk memenuhi target sasaran 2,6 juta jiwa warganya.

“Ditargetkan tahun 2018 akan dikeluarkan lagi Kartu Sehat 600.000 kartu,” katanya.

Menurut dia, setiap warga Kota Bekasi berhak mendapat KBS-NIK karena mereka membayar pajak.

Kehadiran KBS-NIK di tengah masyarakat Kota Bekasi, kata dia, merupakan alternatif dari layanan subsidi kesehatan yang kini berjalan yakni Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Keberadaan KBS-NIK yang dikeluarkan Pemkot Bekasi tidak bertentangan dengan BPJS Kesehatan program pemerintah pusat. KBS-NIK ini sebagai alternatif saja,” tandasnya.

Hal yang membedakan keduanya, kata dia, adalah BPJS Kesehatan ada iuran pesertanya, sedangkan KBS-NIK tanpa iuran dan pemegang kartu berhak mendapat pelayanan  gratis di 39 rumah sakit swasta se-Kota Bekasi dan RSUD. (kub/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …