Masyarakat Jangan Terpengaruh Hasil Survei

Ilutrasi KPU

Ilutrasi KPU

JELANG Pilkada Kota Bekasi 2018, beberapa lembaga survei sudah mengumumkan hasilnya. Masyarakat diminta bijak dalam menilai hasil survei tersebut.

“Hal biasa saat pilkada banyak lembaga survei ramai-ramai merilis hasil surveinya. Sebagai masyarakat harus menyikapi dengan bijaksana jangan ditelan mentah-mentah hasil survei tersebut,” jelas pemerhati kebijakan dan pelayanan publik Bekasi, Didit Susilo.

Menurut Didit, seperti yang diberitakan di sejumlah media, survei juga bisa dijadikan alat untuk memengaruhi opini publik, memengaruhi pola pikir dan emosi publik. Bahkan mengarahkan mereka untuk memilih sesuatu dan kepentingan politik prarekomendasi partai politik.

Bagi pihak yang diunggulkan hasil survei, sambung Didit, hasil survei bisa menjadi alat penyemangat dan mampu meninggikan moral pendukung. Sebaliknya, bagi pihak yang kurang diunggulkan bisa membuat kelompok mereka terpengaruh dan mampu mengurangi moral pendukung.

“Untuk kelompok yang masih mengambang, yang masih belum menentukan keputusan untuk memilih, hasil survei bisa memengaruhi pilihan mereka, apalagi jika dalam suatu survei di samping menampilkan hasil pilihan rakyat,” katanya.

Didit menjelaskan, hasil survei publik adalah penelitian dan karya intelektual dengan metode terstruktur jelas untuk mendapatkan informasi dari responden dan dapat mewakili populasi yang diteliti. Dari pengalaman Kota Bekasi yang sudah menggelar pilkada sebanyak dua kali, fakta juga mencatat saat itu banyak beredar hasil survei, bahkan hasil survei petahana kecil.

“Biasanya petahana di manapun survei ada di peringkat atas, 1,2 atau 3, tinggal angkanya masih bisa dikejar atau tidak. Jika di posisi bawah jelas itu survei sepihak dengan maksud manuver politik dan hasilnya abal-abal. Sebagai lembaga publik dan mengopinikan publik jika jauh dari riel sebagai pertanggungjawabkan karya intelektual lembaga seperti itu tidak kredibel harus membubarkan diri,” paparnya. (oke/pj/gob)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …