Disdik Kota Bekasi Sosialisasi Percepatan Pencairan PIP

Sosialisasi program percepatan pencairan PIP, Kamis (19/10/2017). (Foto: Ist)

Sosialisasi program percepatan pencairan PIP, Kamis (19/10/2017). (Foto: Ist)

DALAM rangka memfasilitasi orangtua murid penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi menggelar Sosialisasi Percepatan Pencairan PIP yang digelar dilingkungan SDN Bekasi Jaya IX dan XIII, Kamis (19/10/2017).
Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Krisman Irwandi menjelaskan, setiap orangtua murid penerima PIP memang diwajibkan memiliki nomer rekening atau buku tabungan karena pencairan dana PIP ditransfer langsung kesetiap nomer rekening penerima.
“Jadi nanti orangtua penerima PIP bisa menerima dananya penuh. Otomatis sudah tidak ada lagi nanti istilah-istilah pengurangan dana bantuan,” ujarnya.
Dirinya menuturkan nominal anggaran PIP yang diberikan kepada para orangtua murid sebesar Rp450 ribu per tahun bagi murid kelas 2-5 SD. Sedangkan, nominal sebesar Rp225 ribu pertahun bagi murid kelas 1 dan 6 SD.
Di Kota Bekasi sendiri kata Krisman, untuk jumlah penerima PIP ditingkat SD negeri-swasta sejumlah 29.750 anak. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi terkait jumlah warga kota Bekasi dengan kriteria warga miskin,” jelasnya.
“Intinyatugaskita di Disdikhanya
sebatas pencairan dana PIP bagi orangtua murid penerima PIP itu sendiri,” sambungnya.
Dirinya juga mengimbau kepada seluruh orangtua murid penerima PIP untuk segera memiliki nomer rekening guna mempermudah proses pencairan dana PIP.
“Kita sudah bekerjasama dengan Kepala Cabang BRI Kota Bekasi untuk memudahkan para orangtua murid penerima dana PIP agar mereka bisa membuka buku tabungan tanpa biaya administrasi,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Sekolah Dasar (SD), Dewi Rosita menambahkan, jika masih ditemukan adanya murid miskin yang belum mendapatkan PIP lantaran belum terdaftar di Dinsos Kota Bekasi, bisa mengurus berkas-berkas guna pengajuan PIP.
“Mereka yang belum dapat PIP, bisa mengurus pengajuan PIP melalui Dinsos. Jika awalnya mereka punya kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bisa langsung mendaftar di Dinsos. Jika tidak ada, mereka bisa meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) di RT, RT, Kelurahan, dan Kecamatan, kemudian baru ke Dinsos,” tuntasnya. (Dyt/gob)


loading...

Feeds

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

GAMKI Tak Mau Terjebak Politik Praktis

DEWAN Pimpinan Pusat GAMKI Bidang Organisasi dan Kelembagaan, Dickson Siringo Ringo, menegaskan jika organisasinya tidak akan mendukung salah satu partai …
Warga melewati banjir setinggi 70 sentimeter, Selasa (21/11/2017). (Foto: Raiza/Radar Bekasi)

Air Banjir di Ciketing Udik Menghitam

SEPEKAN sudah banjir melanda warga di pemukiman Perumahan Pendidikan dan Kebudayaan (P&K), Ciketingudik, Kota Bekasi. Bukannya surut. Air di komplek …