Ini Alasan di Balik Aksi ‘Zombie Berjalan’ di Bekasi

Buruh awak mobil tangki (AMT) Pertamina yang menggelar aksi jalan kaki Bandung-Jakarta saat di Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Rabu (18/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi.co.id)

Buruh awak mobil tangki (AMT) Pertamina yang menggelar aksi jalan kaki Bandung-Jakarta saat di Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Rabu (18/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi.co.id)

SEPULUH buruh awak mobil tangki (AMT) berpakaian mirip zombie dari PT Pertamina Patra Niaga dan PT El Nusa Petrofi yang menggelar aksi jalan kali dari Bandung ke Istana Negara Jakarta membawa sejumlah tuntutan.

Hal itu disampaikan salah seorang peserta aksi, Sahlan (40), bersama 9 peserta aski lainnya saat melintasi Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (18/10/2017) siang.

“Tuntutan kami, pertama pekerjakan kembali kami yang di-PHK sepihak yang berjumlah 1.095 orang, lalu angkat kami sebagai karyawan tetap,” ucapnya.

Tuntutan selanjutnya yakni penghapusan sistem outsourcing dan agar perusahaan segwra membayar upah lembur. Menurut Sahlan, buruh belum mendapat upah lembur sejak tahun 2011.

“Kami bekerja lebih dari 12 jam. Hitungan (lembur) belum paham. Belum sama sekali dibayarkan,” jelasnya.

Mediasi pernah dilaksanakan, tetapi hingga saat ini para buruh yang di-PHK seminggu sejak bulan Ramadan atau Juni 2017 belum mendapat kejelasan.

“Aksi juga pernah sebelumnya, seperti di kantor kementrian, Istana, Disnaker, juga di depan depot. Kami sering aksi, tidak satupun mereka menerima permintaan kami,” imbuhnya.

Sahlun melanjutkan, buruh menerima kabar PHK lewat pos giro atau SMS. Beberapa bahkan tidak diberi tahu.

“Kami di-PHK sepihak, seminggu setelah puasa. Kami tidak diberikan gaji dan THR. Tidak semua kru diberi tahu, ada yang tidak dapat pemberitahuan, tiba-tiba tidak boleh bekerja,” ujar Sahlan. Ia dan peserta aksi lain mencoreng wajahnya dan merobek-robek seragam kerja.

Pihaknya berharap pihaknya diterima Presiden Joko Widodo dan ketika tiba di Istana Negara pada Jumat (20/10/2017).

Para buruh AMT PT Pertamina Patra Niaga dan PT El Nusa Petrofin menggelar aksi berjalan dari Bandung sejak Jumat (13/10/2017). (Dam/gob)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …