Disdik Berencana Beri Beasiswa Mahasiswa Berprestasi bagi Kalangan Kurang Mampu

Pemberian program beasiswa S1 dari Yaddi. (Foto: Andi Saddam Khusein/GoBekasi.co.id)

Pemberian program beasiswa S1 dari Yaddi. (Foto: Andi Saddam Khusein/GoBekasi.co.id)

DINAS Pendidikan Kota Bekasi berencana memberi dana beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi dari kalangan yang tidak mampu pada 2018 mendatang.

Dana yang akan diusulkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2018 ini mencapai Rp 15 miliar.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan rencananya dana itu akan diberikan setiap satu semester sebesar Rp 5 juta.

Dengan demikian, dalam setahun satu orang mahasiswa memperoleh bantuan sebesar Rp 10 juta.

“Rencana ini akan dibahas oleh eksekutif dengan legislatif dalam RAPBD 2018,” kata Inay, Rabu (18/10/2017).

Menurut Inay, dana ini akan diterima para siswa SMA/SMK tingkat akhir yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun terkendala biaya.

Mereka bisa mendaftar beasiswa tersebut ke Dinas Pendidikan dengan syarat nilai yang diperoleh juga cukup tinggi dan berdomisili Kota Bekasi.

“Namun syarat yang mutlak adalah calon mahasiswa harus dari kalangan masyarakat yang tidak mampu. Mereka juga dibebaskan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di luar Bekasi,” ujar Inay.

Inay menjelaskan, tujuan dana beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas warga Kota Bekasi, sehingga mampu bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang digagas pemerintah pusat sejak 2015 lalu.

“Beasiswa ini juga untuk menekan angka pengangguran, kan sekarang lulusan S1 saja sudah sedikit sulit cari kerja apalagi kalau cuma SMA,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Lagi Bad Mood? Coba Lakukan Latihan Ini

Lagi Bad Mood? Coba Lakukan Latihan Ini

MEMILIKI suasana hati yang sedang buruk atau bad mood memang menghalangi kita untuk beraktivitas seperti biasa. Selain dari dalam diri, …