Tahun 2018, Hanya Ada 1 SMP Negeri yang Laksanakan UNBK

(Ilustrasi) Siswa SMAN 2 Kota Bekasi simulasi UNBK. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi

(Ilustrasi) Siswa SMAN 2 Kota Bekasi simulasi UNBK. (Foto: Dokumentasi/GoBekasi

TAHUN 2018, hanya ada satu Sekolah Menengah Pratama (SMP) Negeri yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Bekasi, demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie.

Soalnya, dalam pengajuan untuk perangkat komputer di APBD Perubahan 2017 hanya dapat mengakomodir satu sekolah untuk melaksanakan UNBK.

“Baru hanya satu sekolah saja, anggaran untuk perangkat komputer tidak cukup untuk mengakomodir 49 SMP Negeri yang ada di Kota Bekasi,” kata Ali, Selasa (17/10/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Pada sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengusulkan anggaran Rp 14 miliar dalam Anggaran Perubahan 2017. Anggaran ini diproyeksikan akan mengkaver kebutuhan 1.960 unit komputer beserta mebelernya.

“Tapi apa yang diharapkan tidak bisa kita selesaikan, mudah-mudahan tahun 2019 kegiatan UNBK sesuai usulan anggaran 2018 bisa berjalan apa yang diharapkan,” ujarnya.

Ali mengatakan, seharusnya SMP Negeri sudah bisa menerapkan UNBK sejak beberapa tahun silam. Apalagi Kota Bekasi letaknya bersebelahan di sisi timur dari Ibu Kota DKI Jakarta.

Disamping itu juga, menurutnya, ada beberapa keuntungan dalam penggunaan perangkat komputer saat Ujian Nasional (UN). Selain lebih efisien, keamanan lembar soal juga lebih terjaga.

Bahkan, lanjut dia, petugas tidak perlu mengambil dan membawa lembar soal dari dinas ke sekolah.

“Petugas juga tidak perlu menjaga kertas soal dari pagi sampai malam untuk menghindari adanya kebocoran soal, karena UNBK telah menggunakan jaringan internet,” terang Ali.

Sementara itu, SMP swasta di Kota Bekasi pihaknya masih dalam pendataan sekolah mana saja yang siap melaksanakan UNBK di tahun 2018.

“Kita data dari sekarangm soalnya bulan Februari 2018 harus siap dari hari H pelaksanaan UNBK yang jatuh pada bulan April 2018,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …