2018 Jadi Tahun Inovasi, Pemkot Bekasi Fokus Pengelolaan Fisik Bangunan

Ikon Kota Bekasi.

Ikon Kota Bekasi.

PEMBANGUNAN pesat di Kota Bekasi pada tahun ini nampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari infrastruktur jalan, fasilitas umum dan sosial, juga dalam sisi kesehatan. Lalu mau dibawa kemana Kota Bekasi pada tahun 2018.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Koeswara Hanafi, menjelaskan jika pada tahun ini pemerintah daerah sedang fokus dalam penyerapan anggaran tahun 2017.

Fokus itu sebagai bentuk perencanaan pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas negara di tahun 2018 yang disebut-sebut sebagai tahun inivosi dari sebelumnya tahun ini fokus pada infrastruktur.

“Untuk penyerapan keuangan dari target kurang. Tetapi kalau dari progres fisik sudah sesuai dengan target, dilihat dari trennya berkisar 80 sampai 90 persen,” kata Koeswara, Selasa (17/10/2017).

Sementara, saat ini langkah-langkah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bekasi dalam jangka dua bulan terakhir di tahun 2017 adalah memelototi APBD murni dan APBD Perubahan. Juga memonitoring kembali fisik bangunan dan administrasi.

“Saat ini perubahan ABT (anggaran belanja tahunan) pun sedang proses penyelesaian pada RKA (rencana kerja anggaran), kita sedang persiapan paripurna, dengan sisa waktu 2 bulan, perubahan anggaran jadi prioritas kita,” jelasnya.

Soalnya, pada tahun 2018 Kota Bekasi juga akan memuluskan program tahun inovasi. Jika sebelumnya penekanan atau fokus hanya pada pembangunan, kedepan penekanan inovasi lebih banyak.

“Artinya pengelolaan dana APBD itu dengan inovasi dan kreatifitas. Paradigma Smart City menjadi poin utama dalam tahun inovasi. Urusannya sama, hanya pengelolaan berbeda, cara pengendalian dan perencanaan juga sama. saya pikir nanti (2018) lebih banyak cara pengelolaannya,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …