Jelang Musim Pancaroba, Waspadai 2 Penyakit Ini

Iustrasi

Iustrasi

MEMASUKI musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengidentifikasi dua penyakit yang bisa saja menjangkit anak – anak dan orang dewasa. Penyakit tersebut ialah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi mengatakan, penyakit demam berdarah dikhawatirkan akan muncul pada saat musim hujan.

“Ini masuk ke musim pancaroba, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungannya. Baik di keluarga maupun ditingkat RT / RW,” katanya.

“Karena ada beberapa penyakit yang berbasis lingkungan di musim penghujan dikhawatirkan terjadinya demam berdarah,” sambungnya.

Dirinya mengatakan, penyakit lain yang bisa saja menjangkit masyarakat ialah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan penyakit – penyakit batuk, pilek serta flu.

“Kita minta masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama saluran air yang tergenang bisa menyebabkan menimbulkan penyakit,” tambahnya.

Untuk ISPA, kata dia, yang menyebabkannya ialah karena udara, cuaca dan lingkungan yang berubah drastis. Sehingga, daya tahan tubuh dimungkinkan menjadi lemah.

“Dari musim kemarau yang panjang kemudian masuk ke musim penghujan tentunya ada perubahan cuaca yang sangat signifikan. Ini bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh dan bisa menyebabkan penyakit ISPA,” ujarnya.

Penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja namun biasanya terjadi kepada anak – anak dibawah umur usia sekolah dasar. Oleh karena itu, terkait dengan jajanan yang mereka beli juga harus diperhatikan oleh orang tua.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …