Jelang Musim Pancaroba, Waspadai 2 Penyakit Ini

MEMASUKI musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengidentifikasi dua penyakit yang bisa saja menjangkit anak – anak dan orang dewasa. Penyakit tersebut ialah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi mengatakan, penyakit demam berdarah dikhawatirkan akan muncul pada saat musim hujan.

“Ini masuk ke musim pancaroba, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungannya. Baik di keluarga maupun ditingkat RT / RW,” katanya.

“Karena ada beberapa penyakit yang berbasis lingkungan di musim penghujan dikhawatirkan terjadinya demam berdarah,” sambungnya.

Dirinya mengatakan, penyakit lain yang bisa saja menjangkit masyarakat ialah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan penyakit – penyakit batuk, pilek serta flu.

“Kita minta masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan, terutama saluran air yang tergenang bisa menyebabkan menimbulkan penyakit,” tambahnya.

Untuk ISPA, kata dia, yang menyebabkannya ialah karena udara, cuaca dan lingkungan yang berubah drastis. Sehingga, daya tahan tubuh dimungkinkan menjadi lemah.

“Dari musim kemarau yang panjang kemudian masuk ke musim penghujan tentunya ada perubahan cuaca yang sangat signifikan. Ini bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh dan bisa menyebabkan penyakit ISPA,” ujarnya.

Penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja namun biasanya terjadi kepada anak – anak dibawah umur usia sekolah dasar. Oleh karena itu, terkait dengan jajanan yang mereka beli juga harus diperhatikan oleh orang tua.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
(Ilustrasi) ASN Kabupaten Bekasi kembali ke kantornya masing-masing setelah apel pagi, Senin (10/4). Jual beli jabatan di kalangan ASN kini menjadi rahasia umum. (Raiza/Radar Bekasi)

ASN Kabupaten Bekasi Dilarang Cuti karena…

DALAM rangka memaksimalkan penyerapan di Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Uju, akan memberikan ultimatum kepada para pemangku jabatan …
Cara Mudah Lenyapkan Bekas Jerawat

Cara Mudah Lenyapkan Bekas Jerawat

BEKAS jerawat bisa mengendap di wajah dalam berbagai bentuk, baik berupa bopeng, koreng, flek kehitaman, bahkan kulit yang menjorok ke …