Puskesmas Wajib Diakreditasi Secara Berkala

Puskesmas Karangkitri. Foto: Istimewa/Gobekasi

Puskesmas Karangkitri. Foto: Istimewa/Gobekasi

KEPALA Dinas Kota Bekasi, dr Kusnanto Saidi, menyampaikan jika Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit setiap tiga tahun sekali.

Hal ini kata Kusnanto sesuai dalam Pasal 39 ayat 1 di aturan itu menyebutkan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. Yang menjadi dasar akreditasi ini adalah Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

Karena itu, ia menyatakan jika uji akreditasi terhadap Puskesmas merupakan hal yang penting. Sebab penilaian akreditasi bisa menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

“Untuk menjamin bahwa adanya perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko, maka diperlukan adanya penilaian dari pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, dalam hal ini akreditasi,” katanya, Rabu (11/10/2017).

Menurut dia, dua Puskesmas yang telah mengantongi akreditasi Madya bisa saja ditingkatkan jenjang akreditasinya menjadi Utama bahkan Paripurna.

Namun pemerintah harus meningkatkan indikator yang dinilai petugas, sehingga Puskesmas tersebut layak mendapat sertifikat akreditasi Utama dan Paripurna.

“Puskesmas merupakan ujung tombak dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar di tiap kota dan kabupaten, sehingga pelayanan harus dioptimalkan,” kata Kusnanto.

Dia menambahkan, pemerintah daerah akan membangun 17 Puskemas lagi hingga akhir tahun 2019 nanti.

Sebab idealnya, satu kelurahan memiliki satu Puskesmas untuk melindungi layanan kesehatan warganya.

“Kita baru punya 39 Puskesmas, sedangkan di Kota Bekasi ada 56 kelurahan di sini. Jadi kurang 17 Puskesmas lagi,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Anak Jokowi Berbagi Kisah Cintanya

Anak Jokowi Berbagi Kisah Cintanya

HARI pernikahan anak Presiden RI, Kahiyang Ayu dengan kekasihnya Bobby Nasution semakin dekat. Beberapa waktu lalu, anak kedua Presiden Jokowi …