Simak Nih, Pesan Dinas Kesehatan Kota Bekasi Memasuki Musim Penghujan

Ratusan warga mengadakan kerja bakti untuk mengantisipasi banjir yang datang setiap musim penghujan, Pebayuran, Jumat (9/12/2016). (Foto: Ist)

Ratusan warga mengadakan kerja bakti untuk mengantisipasi banjir yang datang setiap musim penghujan, Pebayuran, Jumat (9/12/2016). (Foto: Ist)

MEMASUKI musim penghujan, Dinas Kesehatan Kota Bekasi menyampaikan sejumlah antisipasi supaya masyarakat tak terkena penyakit yang tiap tahunnya selalu hadir di musim tersebut.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, menjelaskan jika masyarakat lebih rentan terjangkit demam berdarah, diare, penyakit kulit, chikungunya, leptospirosis hingga hepatitis a.

Ia mengatakan bahwa penyakit tersebut dapat lahir karena faktor lingkungan. Karena itu, masyarakat harus selalu menjaga kebersihan disekitar rumah.

“Misalnya leptospirosis menyebar melalui kencing tikus yang tergenang di genangan air hujan. Tidak sengaja terkena manusia, kumannya bisa menempel,” ujar Tanti, Selasa (10/10/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat harus lebih waspada ketika membeli makanan atau jajanan di pedagang kaki lima.

Dia memaparkan, air ember yang digunakan untuk mencuci seluruh piring dapat menyebarkan kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karenanya, dia menghimbau masyarakat maupun pedagang untuk menjaga kebersihan.

Meski begitu, menurutnya Dinas Kesehatan tetap melakukan langkah antisipatif untuk memberikan pengobatan pada masyarakat yang nantinya terkena penyakit.

Langkahnya berupa memastikan ketersediaan logistik, baik obat maupun alat di tiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes).

Dinas Kesehatan juga menyediakan rapid diagnosis test supaya orang yang menderita penyakit dapat segera diketahui penyakitnya. Juga supaya penanganannya tidak terlambat. (kub/gob)



loading...

Feeds

Rapat Paripurna Penetapan APBD-P Kota Bekasi, Kamis (19/10/2017). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Sah! APBD-P Kota Bekasi Rp5,7 Triliun

ANGGARAN Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017 Kota Bekasi disahkan dalam rapat paripurna, Kamis (19/10/2017). Dalam rapat tersebut DPRD …
Rekom Sutriyono Masih Bisa Dievaluasi

Rekom Sutriyono Masih Bisa Dievaluasi

REKOMENDASI Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) terhadap anggota Komisi IV DPR RI, Sutriyono masih dapat dievaluasi. Demikian …