Jelang Pilkada, Akseptabilitas Rahmat Effendi Menurun

Hasil lembaga survei Indonesia Devepolment Monitoring (IDM) Jawa Barat. Foto: Istimewa/Gobekasi

Hasil lembaga survei Indonesia Devepolment Monitoring (IDM) Jawa Barat. Foto: Istimewa/Gobekasi

JELANG Pilkada Kota Bekasi, Aksepabilitas  Rahmat Effendi alias Pepen, sebagai petahana makin menurun. Sebaliknya, sang rival Mochtar Mohamad atau M2, justru semakin meningkat seiring bertambahnya suara yang mendukung pencalonan mantan Walikota Bekasi tersebut.

Sebagaimana dijelaskan Direktur Eksekutif Indonesia Devepolment Monitoring (IDM) Jawa Barat, Firman Tresnadi, bahwa berdasarkan pengenalan masyarakat, sosok M2 lebih memegang suara, ketimbang Rahmat yang notabene sebagai petahana. Dan yang tak kalah mengejutkan, politisi Golkar yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Siti Aisyah ternyata juga mampu menyalib suara Rahmat.

“Putri mantan Walikota Bekasi, Siti Aisyah disukai dan dipercaya oleh 68,2 persen warga Kota Bekasi. Disusul Lucky Hakim 65,3 persen, Rahmat Effendi 60,3 persen, Ahmad Syaikhu 58,2 persen, Heri Koeswara 56,8 persen, Anggawira 54,2 persen dan Vicky Prasetyo 35,7 persen,” katanya, Senin (9/10/2017).

Menurut Firman, sebanyak 76,2 persen responden pemilih M2 menilai politisi PDIP itu sebagai tokoh yang memiliki kapabilitas dan paling mampu untuk memimpin Kota Bekasi dengan segala permasalahannya, baik dari segi ekonomi, infrastruktur dan lingkungan. Menyusul di belakang M2, Siti Aisyah yang menduduki posisi kedua, juga dianggap mampu menjadi Wali Kota Bekasi oleh 70,6 persen responden.

Dalam pertanyaan terbuka dan spontan ketika responden ditanya ‘Siapa tokoh yang akan dipilih jika Pilwakot digelar hari ini’, Firman menyampaikan ada sebanyak 30,3 persen responden yang memilih M2 dan 19,2 persen memilih Siti Aisyah.

Sedangkan Rahmat Effendi dipilih sebanyak 13,2 persen, Lucky Hakim 8,2 persen, Ahmad Syaikhu 7,3 b, Heri Koeswara 5,2 persen, Anggawira 4,2 persen dan Vicky Prasetyo 1,1 persen.

“Untuk responden yang tidak menjawab atau abstain sebanyak 11,3 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Firman, jawaban responden di kertas kuisioner atas pertanyaan ‘Tokoh mana di bawah ini yang akan dipilih jika tokoh-tokoh tersebut menjadi Calon Walikota Bekasi, jika Pilwakot digelar hari ini?’, maka didapat jawaban responden sebesar 32,2 persen untuk M2, 20,7 persen memilih Siti Aisyah.

“Posisi ketiga 10,2 persen memilih Rahmat Effendi, 8,1 persen untuk Lucky Hakim, 7,2 persen untuk Heri Koeswara, 6,2 persen Ahmad Syaikhu, 4,1 persen Anggawira, 0,9 persen memilih Vicky Prasetyo dan yang abstain 10,4 persen,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds