Jelang Musim Penghujan, Puskesmas Cabangbungin Siaga

lustrasi.

lustrasi.

MEMASUKI musim penghujan, aparatur pemerintah kecamatan Cabangbungin mulai siaga. Pasalnya, setiap musim penghujan wilayah tersebut selalu menjadi langganan banjir.

Seperti yang dilakukan oleh Puskesmas Cabangbungin. Saat ini, puskesmas sedang melakukan berbagai persiapan untuk memasuki datangnya musim penghujan.

Kepala Puskesmas Cabangbungin, Karmo mengatakan persiapaan banjir memang dari sekarang di persiapkan. Karena setiap musim banjir pihak Puskesmas selalu memasang posko pengobatan gratis, karena banyak warga yang terserang penyakit.

“Kalau musim hujan Cabangbungin enggak banjir, itu aneh banget. Tapi kalau banjir sudah biasa, enggak ada yang heran lagi. Maka dari itu, saya sudah persiapkan dari sekarang apa saja yang di butuhkan saat musim banjir nanti,” ucapnya saat ditemui di kantor Kecamatan Cabangbungin, Jumat (6/10/2017).

Kata dia, persiapan yang paling penting ketersediaan obat-obatan. Karena pihak Puskesmas harus menyiapkan obat untuk banyak orang, dari beberapa penyakit yang beda, diantaranya penyakit gatal-gatal, demam, batuk pilek, dan beberapa penyakit lainnya, termasuk memilih Bidan yang siap bertugas di posko pengobatan.

“Jangan sampai kehabisan obat-obatan saat musim banjir, karena setiap harinya banyak warga yang butuh pengobatan. Untuk bidan puskesmas yang bertugas di posko pengobatan, harus siaga 24 jam. Hal ini penting untuk di siapkan dari sekarang, jangan sampai pas sudah banjir baru di siapkan,” tuturnya.

Dia menambahkan, warga harus berhati-hati dengan ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Menurutnya, penyakit itu sangat berbahaya, dan sering di alami warga saat musim banjir. Karena penyebarannya semakin meningkat, pihak Puskesmas dari sekarang harus memberikan penyuluhan kembali mengantisipasi adanya penyakit DBD.

“Saya sudah sampaikan saat rapat minggon kecamatan, agar pegawai desa bisa menyampaikan sama warganya masing-masing cara mengantisipasi penyakit DBD. Karena saat banjir sebelumnya ada warga yang terkena DBD, intinya jangan sampai telat membawa warga yang terkena DBD ke Puskesmas maupun ke klinik terdekat, agar bisa dapat penanganan secepatnya,” tutupnya. (pra/pj/gob)



loading...

Feeds