Forum Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi Dideklarasikan

Deklarasi Forum Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi yang terselenggara di Yayasan Fisabilillah, Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondokmelati, Sabtu (7/10/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

Deklarasi Forum Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi yang terselenggara di Yayasan Fisabilillah, Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondokmelati, Sabtu (7/10/2017). Foto: Mochamad Yacub Ardiansyah/Gobekasi

FORUM Nasional Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi resmi dideklarasikan oleh Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika pusat di Yayasan Fisabilillah, Kampung Sawah, Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondokmelati, Sabtu (7/10/2017).

Deklarasi sendiri dihadiri oleh pengurus dan komunitas keagamaan yang ada di Bekasi, yang diwakili komunitas Hindu, Buddha, Kristen Protestan dan Kristen Katolik yang ada di sekitar Kampung Sawah.

Kampung Sawah dipilih menjadi tempat penyelenggaraan deklarasi mengingat suatu daerah percontohan kerukunan umat beragama. Sekretariat Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi pun berada di Kampung Sawah.

Ketua Umum Forum Bhineka Tunggal Ika Kota Bekasi, Sholahudin Malik, mengatakan jika deklarasi didorong oleh semangat kebangsaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ditengah keberagaman yang berlandaskan ideologi Pancasila.

Ia juga mnyebut jika Forum Bhineka Tunggal Ika didirikan sebagai pengawal Pancasila oleh warga Kota Bekasi.

“Sekaligus wujud kepedulian kami sebagai putra bangsa untuk kembali membumikan nilai-nilai kebhinekaan dan Pancasila,” kata Sholahudin usai deklarasi kepada GoBekasi.co.id.

Melalui forum itu, Sholahudin berharap dapat menelurkan lebih banyak lagi agen pemersatu bangsa sesuai kemampuan dan kapasitasnya masing-masing.

Ia mengungkapkan, awal gerakan Forum Bhineka Tunggal Ika diawali dengan deklarasi dan dilanjutkan pencanangan tugu sebagai simbol dan melestarikan persaudaraan ditengah kebhinekaan.

“Tugu akan dibangun di Bundaran Kecapi, kawasan Pondokmelati tepatnya diatas tol JORR. Kedepannya kami akan secara aktif memberikan pemahaman toleransi, keharmonisan dan kerjasama tanpa sekat primordial kepada warga Bekasi pada umumnya,” tandas Sholahudin. (kub/gob)



loading...

Feeds

Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: Dok/Jpnn

10 Perwakilan MUI Datangi Kedubes AS

POLDA Metro Jaya bakal memfasilitasi pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Itu dilakukan Polda sekaligus …