Masyarakat Boleh Pelihara Satwa Langka?

 Lutung Jawa piaraan Thomas di penangkaran pribadi miliknya, Kampung Cabang, Desa Karangasih, Cikarang Utara, Kamis (5/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Lutung Jawa piaraan Thomas di penangkaran pribadi miliknya, Kampung Cabang, Desa Karangasih, Cikarang Utara, Kamis (5/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

KEPALA Seksi Wilayah 1 Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta Trustiadi, mengiyakan, cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui UU Nomor 5 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem Tahun 1990.

“Masyarakat Indonesia kami sarankan dan imbau, sesuai UU yang ada tidak boleh memiliki satwa yang dilindungi. Itu sejak tahun 1992, kecuali dia punya izin lembaga konservasi dan penangkaran,” jelasnya, Kamis (6/10/2017).

Untuk kasus Thomas, warga Kampung Cabang, Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, yang memelihara 4 satwa langka, ia mengatakan untuk tidak bicara masalah mana yang salah dan benar.

“Kita jangan bicara mana yang salah dan benar. Sejak diundang-undangkan, dianggap semua warga negara Indonesia harus tahu dan mau tahu tentang Undang-Undang ini,” jelas Trustiadi.

Thomas sendiri menurutnya telah berusaha menyerahkan satwa langka tersebut ke kebun binatang, namun karena bukan kompetensi kebun binatang, maka tidak dapat diterima.

“Karena bukan kompetensinya. Harusnya ke BKSDA, rupanya baru kali ini bertemu BKSDA,” jelasnya.

BKSDA bersama Polda Metro Jaya mengaku tengah giat memberantas illegal threat satwa langka.

“Secara terbuka di Pasar Burung Pramuka, Barito dan Jatinegara itu clean (perdagangan satwa langka), secara kasat mata udah enggak ada,” jelasnya.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Asep Adi menilai tempat penangkaran milik Thomas tidak layak, terutama 2 kandang buaya muara.

“Hanya dengan kawat besi, kata BKSDA buaya muara itu bisa melompat dan kalau terjadi banjir tentunya akan terjadi kerawanan,” jelasnya.

Empat satwa langka milik Thomas pun diangkut pihak BKSDA yakni 2 buaya muara, 1 lutung jawa, dan 1 elang bondol. (dam/gob)

 

 

 



loading...

Feeds

Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: Dok/Jpnn

10 Perwakilan MUI Datangi Kedubes AS

POLDA Metro Jaya bakal memfasilitasi pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Itu dilakukan Polda sekaligus …