Diangkut BKSDA, Warga Cikarang Ini Terpaksa Berpisah dengan 4 Satwa Langka Piaraan

Kapolres Metro Bekasi Kombes Asep Adi meninjau lokasi penangkaran satwa langka di Kampung Cabang, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (5/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Kapolres Metro Bekasi Kombes Asep Adi meninjau lokasi penangkaran satwa langka di Kampung Cabang, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (5/10/2017). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

KEPALA Seksi Wilayah 1 Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, Trustiadi, menjelaskan, akan membawa 4 satwa langka piaraan Thomas ke Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur di Kalideres, Jakarta Barat.

“Kami hanya menerima penyerahan (satwa) dari Bapak Kapolres. Kita akan tempatkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) yang mudah-mudahan kita lepasliarkan atau kita titipkan ke lembaga konservasi,” ucapnya di penangkaran pribadi Thomas, Kampung Cabang, Desa Karangasih, Cikarang Utara, Kamis (5/10/2017).

Menurut Trustiadi, kondisi fisik keempat satwa langka yang dipelihara Thomas dapat dibilang sehat, namun untuk lebih mengetahui secara detail akan diperiksa dokter hewan.

“Kami tidak bicara kesehatan karena kami bukan dokter hewan. Kalau kita lihat ini cukup sehat. Kita lihat aja nanti, apa layak dilepasliarkan atau dikonservasi,” jelasnya.

Ia kembali menjelaskan tentang sanksi pidana memelihara satwa langka, yakni sesuai UU Nomor 50 Tahun 1992 dengan ancaman denda maksimal Rp100 juta dan pidana penjara hingga 5 tahun.

Thomas harus berpisah dengan 4 satwa langkanya, 2 diantaranya, 2 ekor buaya muara, telah dipeliharanya lebih dari 25 tahun dan ia beri nama, salah satunya Leo. (dam/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …