Warga Cikarang Utara Ketahuan Polisi Pelihara Satwa Langka, Mulai Lutung Jawa Hingga Buaya Muara

Salah satu satwa langka yang dipelihara Thomas, buaya muara sepanjang 3 meter lebih. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Salah satu satwa langka yang dipelihara Thomas, buaya muara sepanjang 3 meter lebih. (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

SEORANG warga Desa Karangasih, Thomas, kedapatan memelihara satwa langka di kediamannya, Kampung Cabang, Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Thomas memelihara 4 ekor hewan yang dilindungi dari 3 jenis, yakni buaya muara, elang bondol dan lutung jawa.

Salah satu buaya muara yang ia pelihara berukuran hingga 3 meter lebih. Ditempati dalam penangkaran di garasi rumahnya dalam kandang-kawat seadanya dengan ukuran kira-kira 5×3 meter untuk buaya muara.

Kepala Polres Metro Bekasi Kombes Asep menjelaskan, Thomas ketahuan memelihara satwa langka saat Sat Narkoba dan BPOM merazia obat-obatan berbahaya di Jalan Ki Hajar Dewantara, Cikarang Utara. Secara tidak sengaja polisi menemukan penangkaran satwa langka di garasi milik Thomas.

“Pemilik ini memelihara satwa karena kita lihat dia juga pecinta hewan. Dia ngaku dikasih orang, sudah berusaha ke badan konservasi dan kebun binatang untuk mengurus izin dan mengembalikan satwa tersebut,” ucap Asep.

Namun, Thomas berulang kali gagal mengirimkan hewan tersebut ke penangkaran atau mendapat izin pemeliharaan karena tidak memenuhi sejumlah syarat.

Jelas Asep, polisi berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta akan mengembalikan satwa tersebut ke habitatnya dan bila belum memungkinkan harus ditangkar terlebih dahulu di konservasi milik BKSDA.

“Pemilik terkena Pasal 40 Ayat 2 juncto Pasal 21 Ayat 2 UU RI Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dengan ancaman hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda hingga 100 juta,” ucapnya. (dam/gob)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
(Ilustrasi) ASN Kabupaten Bekasi kembali ke kantornya masing-masing setelah apel pagi, Senin (10/4). Jual beli jabatan di kalangan ASN kini menjadi rahasia umum. (Raiza/Radar Bekasi)

ASN Kabupaten Bekasi Dilarang Cuti karena…

DALAM rangka memaksimalkan penyerapan di Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Uju, akan memberikan ultimatum kepada para pemangku jabatan …