Wahai ASN, Ini Lho Pesan Bawaslu Jabar Jelang Pilkada Serentak 2018

(Ilustrasi) Upacara Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di halaman plaza Pemkot Bekasi. Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi

(Ilustrasi) Upacara Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di halaman plaza Pemkot Bekasi. Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi

APARATUR Sipil Negara (ASN) Kota Bekasi terancam sanksi kepegawaian bahkan pemecatan jika mendukung dan memihak calon kandidat Wali Kota dan Gubernur Jawa Barat. Hal ini disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Harminus Koto.

Harminus menegaskan agar ASN untuk bisa menjaga netralitasnya dalam Pilkada Kota Bekasi dan Pilgub Jawa Barat yang akan diselenggarakan serempak 27 Juni 2018 mendatang.

“Jika ASN terbukti secara sah dan ada pelaporan dari masyarakat, ASN tersebut bisa terancam hukuman pemecatan,” ujarnya, usai kegiatan sosialisasi perekrutan PPK dan PPS di RM Margajaya, Bekasi Selatan, Kamis (5/10/2017).

Harminus memperingatkan ASN Kota Bekasi agar tidak mendorong atau mendukung salah satu Bakal Calon Wali Kota Bekasi pada Pilkada 2018 mendatan.

Karena, tindakan tersebut bisa diadukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang berkedudukan di Jakarta.

Dikatakannya, ancaman ketidaknetralitasan seorang ASN bisa berakibat fatal, seperti yang pernah terjadi di Papua, dimana Calon petahana sebelum dia ikut dalam pencalonan, dia mengganti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Sekarang dia didiskualifikasi,” kata Herminus.

Lanjutnya, bagi para ASN yang kedapatan berpolitik praktis terancam sanksi dan hukuman sudah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Petama hukumannya berupa peringatan ringan, keras sampai kepada pemecatan sebagai tenaga PNS,” tandas Harminus. (kub/gob)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
(Ilustrasi) ASN Kabupaten Bekasi kembali ke kantornya masing-masing setelah apel pagi, Senin (10/4). Jual beli jabatan di kalangan ASN kini menjadi rahasia umum. (Raiza/Radar Bekasi)

ASN Kabupaten Bekasi Dilarang Cuti karena…

DALAM rangka memaksimalkan penyerapan di Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, Uju, akan memberikan ultimatum kepada para pemangku jabatan …