Perusahaan Pencemar Limbah Kali Bekasi Diberi Waktu Perbaikan IPAL

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memasang segel di salah satu perusahaan yang diduga membuang limbah ke Kali Bekasi, Rabu (4/10/2017). (Foto: Ist)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memasang segel di salah satu perusahaan yang diduga membuang limbah ke Kali Bekasi, Rabu (4/10/2017). (Foto: Ist)

DINAS Lingkungan Hidup Kota Bekasi, mempersilahkan kepada dua perusahaan pencemar Kali Bekasi yang disegel untuk memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Perusahaa itu adalah PT Pratama Prima Bajatama yang bergerak di bidang pembuatan besi dan baja serta PT Prima Kemasindo, perusahaan yang bergerak di bidang pengemasan minuman.

Sebenarnya, Pemerintah Kota Bekasi bisa saja langsung memerkarakan para pencemar lingkungan. Namun, butuh data yang konkret untuk melengkapi berkas tuduhan tersebut.

Hal itu lantaran pemerintah telah memiliki payung hukum untuk memidanakan para pencemar lingkungan, yaitu UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup. Tapi, pemerintah punya tahapan dalam menindak para pembuang limbah.

“Data ketidaktaatan pengusaha yang membuang limbah ke Kali Bekasi harus valid, sehingga kita bisa membawanya ke meja hijau,” kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Sugiono, Kamis (5/10/2017).

Ketika sanksi administratif diberikan, selanjutnya perusahaan tersebut harus dibina. Bila dalam masa pembinaan mereka tidak memperbaiki kesalahan, maka menjadi data valid yang bisa memperkuat fakta pelanggaran untuk diperkarakan.

“Hal ini bisa kita lihat bahwa perusahaan itu tidak memiliki itikad baik untuk memperbaiki sistem pengolahan limbah yang sesuai baku mutu lingkungan,” ujarnya.

Penyegelan dua perusahaan itu atas dasar dugaan tidak memiliki IPAL yang baik, sehingga limbah yang dibuang ke Kali Bekasi mencemarkan lingkungan. Meski demikian, mereka diberi waktu selama dua pekan untuk memperbaiki sistem IPAL.

“Bila tidak ada itikad baik, tidak menutup kemungkinan kami akan memperkarakannya. Berkas pelanggaran mereka akan kita kumpulkan untuk proses selanjutnya,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Anak Jokowi Berbagi Kisah Cintanya

Anak Jokowi Berbagi Kisah Cintanya

HARI pernikahan anak Presiden RI, Kahiyang Ayu dengan kekasihnya Bobby Nasution semakin dekat. Beberapa waktu lalu, anak kedua Presiden Jokowi …