Pengen Hamil? 4 Tips Ini Patut Dicoba

KEHAMILAN merupakan anugerah besar bagi pasangan suami istri. Karena itu, tak sedikit pasangan baru menikah yang ingin cepat hamil.

Faktanya, sekitar 84 persen wanita yang baru menikah akan hamil pada setahun pertama pernikahan. Sedangkan pada pasangan yang tidak hamil pada tahun pertama, 50 persen di antaranya akan hamil pada tahun kedua.

Namun, tak sedikit yang sudah bertahun-tahun menikah belum juga diberi momongan. Agar cepat hamil, berikut beberapa jurus yang perlu Anda dan pasangan lakukan:

1. Pola makan sehat.

Pola makan sehat bisa membantu meningkatkan kesuburan. Ini karena makanan yang dikonsumsi memengaruhi nutrisi, fungsi sel dan hormon. Anda disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dan pola makan sehat selama persiapan kehamilan.

Jika kesulitan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang sesuai. Penerapan pola makan sehat sangat baik bila disandingkan dengan olahraga secara rutin dan teratur.

2. Hindari alkohol, kafein dan rokok.

Konsumsi alkohol berlebih bisa mengganggu kesuburan wanita. Konsumsi kafein lebih dari 500 mg sehari (setara dengan 5 gelas kopi) juga demikian. Sedangkan rokok memberikan efek yang lebih parah. Tidak hanya menganggu kesuburan pria dan wanita, rokok juga bisa membuat rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi.

Sedangkan pada pria, rokok bisa menyebabkan kerusakan DNA sperma dan menurunkan produksi sperma.

3. Berhubungan seks secara teratur.

Hubungan seks terlalu sering ataupun terlalu jarang dapat berpengaruh pada kualitas sperma. Karena itu, pastikan Anda melakukan hubungan seks sebanyak 2–3 kali per minggu.

Jangan menggunakan kondom atau kontrasepsi lainnya.

4. Konsumsi asam folat.

Asam folat bisa mencegah efek organ saraf pada kehamilan. Zat gizi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Studi menunjukkan, asam folat bisa menurunkan kejadian kegagalan ovulasi.

Pada studi lain, pria yang mengonsumsi asam folat dalam jumlah cukup menunjukkan risiko lebih rendah untuk mengalami abnormalitas sperma.

Abnormalitas sperma ini selanjutnya bisa menyebabkan kelainan kromosom pada janin. Makanan yang mengandung asam folat adalah asparagusbrokoli dan sayuran hijau lainnya. Rekomendasi jumlah konsumsi asam folat harian adalah 400 mikrogram sehari.

Sekarang Anda sudah tahu jurus jitu untuk cepat hamil, bukan? Tunggu apa lagi, yuk terapkan, agar kehamilan segera Anda dapatkan.(NB/RH/jpnn/gob)



loading...

Feeds