Bulan Ini, KPUD Kota Bekasi Rekrut PPK dan PPS

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi mulai melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Pembentukan PPK dan PPS sebagai langkah persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada Kota Bekasi yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

“Untuk perekrutan PPK dimulai 12 Oktober sampai 03 November 2017, sedangkan untuk PPS dimulai tanggal 12 Oktober sampai 11 November 2017,” kata anggota KPUD Kota Bekasi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Nurul Sumarheni, Rabu (4/10/2016).

Nurul menuturkan, perekrutan PPK dibutuhkan sebanyak 5 orang di setiap kecamatan, lalu PPS tingkat kelurahan akan direkrut sebanyak 3 orang. Sehingga untuk PPK sebanyak 60 di Kota Bekasi dan PPS 168 orang.

Bagi yang ingin mendaftar, kata Nurul, masyarakat bisa langsung datang mendaftar ke kantor KPUD Kota Bekasi atau melalui website KPU Kota Bekasi.

“Anggota PPK akan dikukuhkan dan diambil sumpahnya pada tanggal 4 November, sedangkan anggota PPS pada tanggal 11 November,” jelas Nurul.

Nurul menambahkan, perekrutan menjadi anggota PPK dan PPS boleh diikuti oleh seluruh warga Kota Bekasi, syarat umumnya adalah setia kepada pancasila dan sudah berumur minimal 25 tahun.

“Bagi masyarakat yang sudah 2 periode menjabat sebagai anggota PPK dan PPS tidak boleh lagi mendaftarkan menjadi anggota PPK dan PPS,” tuturnya.

Sementara, Komisioner KPUD Kota Bekasi Syafrudin, menjelaskan Sekretaris PPK dari struktur jabatan yang ada di kecamatan, biasanya dijabat oleh sekretatis kecamatan & sekretaris PPS biasanya sekretaris kelurahan hal ini sesuai PKPU no 1 th 2017.

“Nanti akan di lakukan tes tertulis serta wawancara. Setiap pendaftar nantinya harus ber KTP el di kecamatan setempat, tidak berpartai politik dan tidak terdaftar menjadi simpatisan Parpol,” ungkapnya.

Lanjutnya, tugas utama PPK adalah melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari TPS, tugas penunjang lainnya adalah melakukan koordinasi di tingkat kecamatan terkait dengan implementasi kegiatan tahapan secara teknis.

Sementara tugas utama PPS adalah melaksanakan kegiatan pemutakhiran data & Daftar Pemilih bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, lalu mengangkat KPPS per TPS.

“Satu TPS tujuh orang untuk melaksanakan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 27 Juni 2018,” jelasnya.

Sesuai dengan PKPU nomor satu tahun 2017 itu tentang tahapan, program dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2018. Pihaknya berharap adanya partisipasi masyarakat untuk mengikuti pendaftaran calon PPK dan PPS yang akan di gelar KPUD Kota Bekasi.

“Mari bersama kita gelar demokrasi yang jujur, langsung umum bebas dan rahasia, dengan aktif dan ikut menjadi penyelenggara Pemilu,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds