SMPN 1 Kota Bekasi Ikuti Lomba Hemat Energi ala Kementerian SDM

Pelajar SMPN 1 Kota Bekasi. Foto: Istimewa/Gobekasi

Pelajar SMPN 1 Kota Bekasi. Foto: Istimewa/Gobekasi

KEMENTERIAN Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar lomba hemat energi dengan tema ‘3M’ yakni, Memeriksa, Mengatur dan Mencabut. Dalam program ini, tiga sekolah di Kota Bekasi terpilih untuk mewakili. Adalah SMPN 1 Kota Bekasi, SMPN 5 Kota Bekasi dan Sekolah Global Prestasi.

“Tujuan lomba tersebut adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap menipisnya sumber energi, terlebih lagi masih banyak daerah terpencil yang tidak punya bahan energi listrik, maka dari itu kami pihak sekolah dilatih dan dipilih untuk menjadi pahlawan energi,” kata Manager Energi SMPN 1 Kota Bekasi, Suryanti, Senin (2/10/2017).

Di SMPN 1 Kota Bekasi, sedikitnya sudah ada 30 Pahlawan Enegi yang bertugas mengenalkan kepada siswa-siswi lainya dengan membiasakan berhemat energi disekolah dan lingkungan.

“Penerapanya dengan cara pahlawan energi patroli ke kelas-kelas untuk mengecek penggunaan energi disetiap kelas, setiap pulang sekolah dicek apakah sudah dimatikan atau belum ace dan lampunya,” ucapnya.

Dengan perlombaan mengehemat energi yang sudah berjalan selama 3 bulan ini, Suryanti mengungkapkan sudah terasa dampaknya terhadap anak-anak.

“Sebetulnya target kita bukan juaranya tapi lebih ke anak-anaknya agar paham bagaimana pentingnya menghemat energi,dan bisa menjadi contoh oleh sekolah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu Pahlawan Energi, M Ergie Hafizh menambahkan, jiak ia dapat pembelanjaran untuk menghargai energi yang dikeluarkan setiap harinya.

“Kita jadi belajar buat menghargai energi yang kita puny, karna ternyata masih banyak di plosok-plosok yang belum merasakan energi listrik, terlebih lagi dengN kita menghemat energi secara ekonomi sangat menguntungkan, jadi dengan terpilihnya saya menjadi Pahlwan Energi seketika bisa berdampak baik juga buat saya dan lingkungan sekitar saya, karena kalau bukan kita sendiri yang sadar siapa lagi?,” tuntansya. (adv/dyt/gob)



loading...

Feeds