Human Error Dominasi Penyebab Kecelakaan di Kabupaten Bekasi

(Ilustrasi) Sejumlah pengendara melintas di jalan raya serang-cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jumát/22/9/17). Kondisi jalan tersebut selain rusak dan sempit, juga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas karena minimnya penerangan jalan umum(PJU).  Foto: Radar Bekasi

(Ilustrasi) Sejumlah pengendara melintas di jalan raya serang-cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jumát/22/9/17). Kondisi jalan tersebut selain rusak dan sempit, juga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas karena minimnya penerangan jalan umum(PJU). Foto: Radar Bekasi

KEPALA Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi AKBP Heru menjelaskan, tingkat kecelakaan di Kabupaten Bekasi termasuk tinggi dan penyebabnya didominasi oleh kesalahan manusia (human error).

“Banyak yang belum tahu safety riding, tidak pakai helm. Pemotor ini dia tidak punya insting, misalkan dia nyalip kendaraan panjang, gugup, jatuh dan kelindes. Kualitasnya kebanyakan seperti itu,” ungkapnya saat dihubungi gobekasi.pojoksatu.id, Rabu (27/9/2017).

Selain itu faktor pelanggaran aturan seperti melawan arus juga menjadi salah satu penyumbang angka kecelakaan kendaraan bermotor di Kabupaten Bekasi, Heru memberi contoh, beberapa waktu lalu kejadian serupa di bilangan Kedungwaringin. Kejadian lain juga disebabkan karena rasa kantung pengemudi kendaraan.

“Ada titik tertentu blackspot, beberapa tempat sering kita expose seperti Jalan Cibarusah—Serang karena kondisi jalan licin. Juga Jalan Inspeksi Kalimalang,” jelas mantan kepala Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi tersebut.

“Sebenarya kalau jalan sendiri tidak parah amat, tapi karena keterampilan (pemotor) tidak maksimal, insting dan nalurinya tidak bagus. Itu yang lebih banyak menyebabkan,” tutup Heru. (dam/gob)



loading...

Feeds

Pengaruhi Hak Pilih Warga Kota Bekasi, Pak RT dan RW Terancam Sanksi Pidana

KPU Harus Jamin Hak Pilih Warga

KETUA Kajian Masyarakat Merdeka, Ahmad Lauhil Mahfuz, menilai jika bicara Pemilu  maka sumbernya adalah rakyat yang berdaulat. Oleh sebab itu, …