KNPI Kota Bekasi Siap Kawal Proses Pilkada

Ketua KNPI Kota Bekasi Gilang Esa dan Ketua KNPI Jawa Barat Siti Aisyah saat pelantikan, Sabtu (18/2/2017). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

Ketua KNPI Kota Bekasi Gilang Esa dan Ketua KNPI Jawa Barat Siti Aisyah saat pelantikan, Sabtu (18/2/2017). (Foto: Muhammad Yakub/GoBekasi)

KETUA Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi, Gilang Esa Mochtar Mohamad memastikan akan mengawal Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Menurutnya, KNPI tidak akan fokus pada hasil, tapi justru para proses pelaksanaan Pemilukada itu sendiri.

“KNPI tetap komit untuk mengawal Pilwalkot Bekasi demi demokrasi yang sehat dan bermartabat, karena itu kami akan konsern pada prosesnya, bukan hasilnya,” kata Gilang, Jumat (15/9/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Gilang pun sejak awal menyampaikan kepada sejumlah pihak bahwa KNPI dalam posisi netral. Ia juga tidak ingin banyak berkomentar tentang figure yang akan maju pada pemilukada nanti.

“Pentas demokrasi adalah rana pendidikan politik untuk anak muda. Peran strategis lingkar kelompok pemuda,” tutur dia.

Menurutnya, penyelenggara harus tegas menjalankan aturannya sehingga peran pemuda untuk turut serta mengawal terlaksananya pemilu dengan baik.

“KNPI siap terlibat dalam menciptakan demokrasi yang bersih,” ujar Gilang.

Ia juga mengajak pemilih atau masyarakat khususnya generasi muda, memilih pemimpin jangan seperti membeli kucing dalam karung. Karena kalau salah memilih pemimpin, Kota Bekasi bakal hancur.

“Peran pemuda yang selalu tampil di garda terdepan dalam sejarah peradaban suatu bangsa diharapkan bisa ikut melahirkan Pemilihan kepala daerah serentak 2018 yang berkualitas,” tegasnya.

Sehingga, diharapkan keterlibatan pemuda yang tergabung dalam KNPI Kota Bekasi memiliki peran mensukseskan Pilkada Kota Bekasi 2018 yang tidak hanya pada kualitas semata, tetapi juga berintegritas.

“Pemuda diharapkan dapat dan mampu menjadi aktor memberikan peran aktif dalam mengawal pelaksanaan setiap tahapan penyelenggaraan, khususnya Pilkada Kota Bekasi agar sesuai dengan koridornya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Perhelatan pesta demokrasi yang berkualitas harus memiliki landasan yang jelas. Dimana, ada beberapa aspek yang bisa dijadikan indikator, sehingga pemilu seperti Pilkada bisa dikatakan berkualitas.

Pertama, pemilu harus dilaksanakan dengan jelas dan transparan dalam setiap tahapan. Kedua tingkat partisipasi publik dalam menggunakan hak pilih yang tinggi, ketiga bebas dari politik uang (money politics), karena dapat menghancurkan wibawa politik itu sendiri.

“Selain itu, tidak ada pelanggaran baik yang dilakukan oleh penyelenggara, peserta pemilu maupun oleh masyarakat. Dan tingkat pendidikan pemilih yang tinggi. Semoga Kota Bekasi bisa menjadi percontohan Pilkada serentak 2018 yang berkualitas” tandas Gilang.

Namun yang paling utama peran pemilih itu sendiri, jika pemilih menyadari arti penting keterlibatannya dalam pemilu. Sehingga hal ini dapat dipastikan yang bersangkutan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik berdasarkan pertimbangan yang rasional bukan emosional. (kub/gob)



loading...

Feeds

Menteri Sosial

Menteri Sosial Kecam Nikahsirri.comm

MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecam keberadaan situs website nikahsirri.com. Khofifah menganggap situs nikahsirri.com berpotensi menjadi praktik pelacuran terselubung dengan modus agama. “Nikah siri …
Ilustrasi. (Foto: http://blog.oxforddictionaries.com)

Format Piala AFF 2018 Berubah

FORMAT Piala AFF 2018 mendatang dipastikan berubah. Dalam pertemuan anggota federasi sepak bola Asia Tenggara, Sabtu (23/9) di Bali, turnamen dipastikan berjalan …
Anak-anak Bikin Pizza

Anak-anak Diajak Belajar Bikin Pizza

DOMINO’S Pizza mengajak anak-anak belajar membuat dan menyajikan pizza dalam rangkaian program Domino’s Store Tour, Minggu (24/9/2017). “Program Domino’s Store …
Demokrat Belum Tentu Merapat Ke Petahana

Demokrat Belum Tentu Merapat ke Petahana

PARTAI Demokrat Kota Bekasi hingga kini masih belum membuat keputusan terkait koalisi pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Adanya kabar …
Ada Perbedaan, LKPJ Bupati Bekasi Palsu?

Ada Perbedaan, LKPJ Bupati Bekasi Palsu?

ADANYA perbedaan antara Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin yang dilaporkan setiap tahun dengan LKPJ Akhir …