Kakek 58 Tahun Edarkan Uang Palsu, Modusnya Beli Rokok

Ilustrasi uang palsu

Ilustrasi uang palsu

WARGA Perumahan Mangun Jaya 2, Desa Mekarsari dihebohkan dengan beredarnya uang palsu yang dilakukan oleh seorang kakek berusia 58 tahun berinisial ET.

Salah seorang saksi, Sunyoto mengatakan, dirinya mendapat informasi dari tetangganya atas peredaran uang palsu diwilayah tersebut.

“Modus yang dilakukan kakek ini dengan cara membeli rokok disejumlah warung, kebetulan ada salah satu pemilik warung merasa curiga, karena uang yang diterima mencurigakan, lalu ditanyakan kepada sang pembeli (ET),” ujar Sunyoto.

Namun kata dia, lantaran pemilik warung tak berani untuk menyatakan kalau uang yang diterimanya palsu, maka pemilik warung memberikan informasi kepada dirinya.

“Waktu itu kejadiannya pagi. Kebetulan masih ramai, dan kakek tersebut ada dilokasi. Pada saat itu juga, kami memeriksa bersama warga. Dan betul saja, di dalam sakunya banyak sekali uang pecahan seratus ribuan palsu,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tambun Kompol Bobby Kusumawardhana yang menerima laporan dari warga menjelaskan, bahwa kakek berinisial ET bin Y (58), merupakan warga Sukasari RT 001/004, Desa Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

“ET mengaku mendapatkan uang palsu dari teman nya berinisial AM yang tinggal di Bogor,” terang Bobby.

Lanjutnya, ET diberikan uang palsu sebesar Rp3 juta oleh AM dan diiming-imingi akan membagi dua uang kembalian jika berhasil membelanjakan uang palsu tersebut.

“ET mengaku, sudah membelanjakan uang palsu pecahan Rp100 ribu ke warung pertama. Ia membeli rokok dua bungkus dan mendapatkan uang kembalian Rp66 ribu,” ucapnya.

Selanjutnya, tersangka membeli satu bungkus rokok di warung kedua dengan menggunakan uang palsu pecahan yang sama dan mendapatkan uang kembalian sebesar Rp83 ribu.

“Saat itu pemilik warung, yakni MR curiga dengan uang yang diberikan tersangka palsu, dan setelah diamati ternyata uang tersebut adalah uang palsu. Warga pun kemudian menangkapnya lalu menyerahkannya ke Polsek Tambun,” tutur Bobby.

Guna pengusutan lebih lanjut, kata Bobby, pihaknya mengamankan barang bukti berupa uang palsu sebanyak 30 lembar pecahan Rp100 ribu, tiga bungkus rokok dan uang hasil kembalian sebesar Rp149 ribu. (and/pj/gob)



loading...

Feeds

Menteri Sosial

Menteri Sosial Kecam Nikahsirri.comm

MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecam keberadaan situs website nikahsirri.com. Khofifah menganggap situs nikahsirri.com berpotensi menjadi praktik pelacuran terselubung dengan modus agama. “Nikah siri …
Ilustrasi. (Foto: http://blog.oxforddictionaries.com)

Format Piala AFF 2018 Berubah

FORMAT Piala AFF 2018 mendatang dipastikan berubah. Dalam pertemuan anggota federasi sepak bola Asia Tenggara, Sabtu (23/9) di Bali, turnamen dipastikan berjalan …
Anak-anak Bikin Pizza

Anak-anak Diajak Belajar Bikin Pizza

DOMINO’S Pizza mengajak anak-anak belajar membuat dan menyajikan pizza dalam rangkaian program Domino’s Store Tour, Minggu (24/9/2017). “Program Domino’s Store …
Demokrat Belum Tentu Merapat Ke Petahana

Demokrat Belum Tentu Merapat ke Petahana

PARTAI Demokrat Kota Bekasi hingga kini masih belum membuat keputusan terkait koalisi pada Pilkada Kota Bekasi 2018 mendatang. Adanya kabar …
Ada Perbedaan, LKPJ Bupati Bekasi Palsu?

Ada Perbedaan, LKPJ Bupati Bekasi Palsu?

ADANYA perbedaan antara Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin yang dilaporkan setiap tahun dengan LKPJ Akhir …