Mantan Napi Kasus Korupsi Ikut Pilkada? Boleh, Ada Syaratnya, Ini Dia…

MANTAN narapidana kasus korupsi boleh mencalonkan diri atau dicalonkan dalam Pilkada Serentak 2018. Namun dengan syarat, rekam jejak ‘hitam’ sang calon dipublikasikan kepada publik.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik. Kata dia, peraturan tersebut berdasarkan KPU Jawa Barat yang juga mengatakan hal yang sama.

Idham mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, mantan terpidana boleh mencalonkan diri atau dicalonkan, bahkan satu hari setelah bebas dari penjara. Namun man terpidana tersebut harus mempublikasikan kepada publik bahwa dirinya mantan narapidana korupsi.

“Berdasarkan peraturan Undang-Undang Pilkada diperbolehkan mantan terpidan mencalonkan diri atau dicalonkan. Selain itu juga peraturan tersebut bisa memberikan kesempatan bagi mantan narapidanan kasus korupsi dengan syarat dia tidak mengulangi lagi kejahatan yang pernah di lakukan,” ujarnya.

Idham mengatakan, mantan terpidana harus mempublikasikan jejak hitamnya tersebut dengan tujuan agar masyarakat tidak mempertanyakan di kemudian hari. Karena jika tidak dipublikasikan, dikhawatirkan ada masyarakat yang mempertanyakannya.

“Syaratnya harus mengumumkan kepada media massa bahwa saya mantan terpidana saat melakukan pendaftaran ke KPU. Agar tidak jadi persoalan nantinya, karena jika tidak dipublish maka masyarakat bisa bertanya tanya kepada KPU, kenapa mantan narapidana bisa mencalonkan diri dalam ajang pilkada,” ungkapnya.

“Kalau masalah popularitas si mantan narapidana, itu adalah bukan wewenang dari KPU, melainkan memang dari sosok calon itu sendiri. Maka dari itu sang calon yang eks narapidana harus bisa meyakinkan masyarakat jika memang dirinya ingin terpilih kembali dan KPU hanya memberikan kesempatan saja untuk mereka mendaftar,” sambungnya.

(ran/pj/gob)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …