Ketahuan Buang Sampah Sembarangan di Bekasi Timur, Belasan Orang Ditangkap

(Ilustrasi) Sebagai bentuk protes, warga membuang sampah di tengah jalan, Bantargebang, Kamis (16/2/2017). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

(Ilustrasi) Sebagai bentuk protes, warga membuang sampah di tengah jalan, Bantargebang, Kamis (16/2/2017). (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi)

OPERASI tangkap tangan (OTT) kembali dilakukan. Kali ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mendapati 12 orang yang melakukan aksi buang sampah tidak pada tempatnya.

Belasan orang tersebut ditangkap di sepanjang jalan underpass, Bekasi Timur. OTT tersebut dilakukan oleh 30 petugas gabungan dari kepolisian, TNI hingga Satpol PP.

“Banyak warga yang mengeluh bahwa pengendara motor sering buang sampah sembarangan saat melintas,” kata Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas LH, Sugiono.

Bukan hanya menangkap pelakunya, dalam operasi tersebut petugas berhasil mengumpulkan sampah sebanyak tiga karung. Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan becak.

Kepada petugas, pelaku mengaku melakukan hal tersebut lantaran di lingkungan rumahnya tidak ada pembuangan sampah sementara. Selain itu, ada yang mengaku bahwa tempat sampah yang ada telah penuh.

“Kebanyakan sampah yang dibuah adalah sampah usaha kuliner dan sampah rumah tangga,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, warga yang tertangkap tangan diminta untuk membersihkan sampah yang berserakan di lokasi tersebut. Selain itu warga kartu identitas penduduknya disita dan diminta membuat pernyataan tidak membuang sampah sembarangan.

Bukan hanya itu, foto pelaku juga dipasang di lokasi tersebut agar membuat efek jera.

“Sanksi tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak kembali melakukan hal yang serupa,” pungkasnya.

(ad/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …