Menag Aja Jamaah Haji Indonesia Berdoa untuk Rohingya di Tanah Suci

MENTERI Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddinmengajak jemaah haji asal Indonesia yang masih berada di Tanah Suci untuk mendoakan masyarakat Rohingya agar segera terbebas dari penderitaan. Menurutnya, doa adalah salah satu cara umat Islam untuk membantu sesama yang sedang mengalami cobaan atau masalah.

“Tanah Suci memiliki arti yang istimewa terutama di musim haji. Ada sejumlah tempat dan waktu yang mustajabah. Jika jemaah haji yang hakikatnya adalah tamu-tamu Allah berdoa di tempat tersebut di waktu yang tepat, insyaallah doanya akan dikabulkan,” kata Lukman di Mekkah, Senin (4/9).

??Selain itu, Lukman berharap agar jemaah haji juga mendoakan pemerintah Indonesia agar dimudahkan dalam mengupayakan solusi bagi etnis Rohingya di Myanmar. Sejauh ini, pemerintah RI telah melakukan berbagai langkah konkret terkait krisis kemanusiaan yang dialami etnis minoritas di Myamar itu.

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi bertolak ke Myanmar untuk melakukan lobi politik. Langkah itu merupakan tindak lanjut dari komunikasi dengan sejumlah pihak terkait di luar negeri termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).?

Pemerintah RI berupaya agar Myanmar menghentikan tindak kekerasan terhadap Rohingya di Negara Bagian Rakhine. Selain itu, Indonesia juga meminta Myanmar membuka akses bagi bantuan kemanusiaan.

Pemerintah Indonesia sudah melakukan aksi dalam rangka membantu warga Rohingya yang meninggalkan Myanmar. Pada Januari dan Februari lalu, Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan dan kesehatan.

Indonesia juga membangun sekolah di Rakhine State. Rencananya, Indonesia juga akan membangun rumah sakit di Rakhine State pada Oktober mendatang.

“Pemerintah jelas tidak tinggal diam terhadap masalah ini. Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan secara konkret. Marilah bahu membahu membantu Rohingya dengan cara yang produktif,” ujar politikus PPP itu.(put/JPC/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …