Inspektorat Bekasi Wujudkan Pelayanan Cepat dan Bertanggungjawab

Ilustrasi. Foto: Istimewa/GoBekasi

Ilustrasi. Foto: Istimewa/GoBekasi

PEMERINTAH Kota Bekasi kian gencar menyerukan simplikasi pelayanan publik, cepat dan bertanggung jawab. Hal tersebut tak lepas dari peran Inspektorat Kota bekasi dalam memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan administrasi umum pemerintah dalam meningkatkan kelancaran pelayanan publik.

Inspektur Pembantu Wilayah (IRBAN) III, Narlisman Nahar, menjelaskan, IRBAN III bertugas membantu Inspektur melaksanakan urusan pemerintahan dalam memperlancar pelayanan publik. Prioritas pembangunan daerah Kota Bekasi yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), untuk mengarahkan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

Langkah tersebut juga untuk mendukung pelaksanaan misi dan mewujudkan visi pembangunan Kota Bekasi. “Di beberapa kesempatan Pak Rahmat Effendi dan Pak Ahmad Syaikhu memberikan arahan menyangkut pelayanan publik. Alhamdulillah, pelayanan publik sekarang sudah dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Narlisman Nahar, Kamis (24/08/2017) kemarin.

Pihaknya mengatakan, pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan publik sebagai indikator penting dalam penilaian kinerja pemerintah, baik pada tingkat pusat maupun daerah.

Penyelenggaraan pemerintahan dapat dikatakan baik jika pelayanan publik yang dilakukan berorientasi pada kepentingan masyarakat. Pelayanan yang baik dan berkualitas memberikan implikasi kepuasan kepada masyarakat.

“Karena masyarakat secara langsung menilai terhadap kinerja pelayanan yang diberikan,” kata dia.

Dan untuk meningkatkan pelayanan publik lebih maju, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah meningkatkan tata kerja pelayanan, budaya organisasi, struktur kelembagaan, dan mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP).

“SOP ini merupakan tata kerja yang harus dipersiapkan dalam rangka terus meningkatkan keberhasilan pelayanan publik. Bahwa, dengan menerapkan tata kerja akan membantu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” ujar Narlisman.

Selain standar tersebut, standar lain yang perlu diperhatikan adalah pelayanan menyangkut waktu penyelesaian, biaya persyaratan, prosedur, dan dasar hukum. Lalu pengelolaan pengaduan masyarakat. Berkaitan dengan pengelolaan pengaduan masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi telah memiliki call center pengaduan dari masyarakat melalui nomor 150044.

Selain itu, salah satu keberhasilan untuk terus meningkatkan pelayanan publik adalah evaluasi. Evaluasi ini dalam rangka membandingkan hasil suatu kegiatan standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan. Dan, menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan.

“Juga dengan melakukan pemantauan sebagai proses penilaian kemajuan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik,” tandas dia. (adv/gob)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …