Sejumlah Strategi Hadapi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha Diterapkan

(Ilustrasi) Contra Flow arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek KM 32-41.  FOTO: Dokumentasi/GoBekasi

(Ilustrasi) Contra Flow arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek KM 32-41. FOTO: Dokumentasi/GoBekasi

PUNCAK arus balik para pemudik Idul Adha diprediksi terjadi hari ini (3/9/2017). Puluhan ribu kendaraan diprediksi bakal melewati jalur tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, sebagai pintu masuk kendaraan ke Jakarta.

Jasa Marga telah memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan sebanyak 25 persen. Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso menyebut, kenaikan ini karena jalur Cikarang adalah salah satu akses masuk menuju Jakarta, yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

“Telah kami perkirakan, hari ini ada 97.086 kendaraan, yang akan melewati jalur Cikarut (Cikarang Utama). Angka itu meningkat 25 persen dari lalu lintas normal yaitu sebesar 77.331 kendaraan,” kata dia ketika dihubungi JawaPos.com, Minggu (3/9).

Dia menerangkan, Jasa Marga sudah mempersiapkan antisipasi peningkatan lalu lintas di gerbang Cikarang Utama, dengan melakukan upaya-upaya seperti memaksimalkan 31 gardu operasional yang menuju arah Jakarta.

Kemudian akan ada pengalihan kendaraan melalui gerbang tol Cikarang Barat 2 apabila terjadi antrean di gerang Cikarang Utama lebih dari satu kilometer.

Lalu untuk mengurai kepadatan lalu lintas setelah gerbang Cikarang Utama yang menuju Jakarta, Jasa Marga bakal berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan contraflow mulai dari kilometer 29 hingga kilometer 21.

“Kami ingatkan pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, dan selalu menggunakan uang elektronik untuk pembayaran tol agar dapat mempercepat waktu transaksi, serta dapatkan diskon 10 persen hingga 3 September 2017 periode shift 3,” tutur dia.

(elf/JPC/gob)



loading...

Feeds