Jonru Segera Digarap Polisi

Jonru Ginting. (Foto: Ist)

Jonru Ginting. (Foto: Ist)

PELAPORAN kasus ujaran kebencian yang dialamatkan kepada aktivis media sosial Jonru Ginting telah masuk ke Polda Metro Jaya. Jonru dilaporkan oleh salah pengacara Muannas Al Aidid yang merasa sejumlah postingan Jonru di Facebook berisikan ujaran kebencian.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan Jayamarta mengatakan, kasus itu mereka tangani. Ke depan mereka mulai mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi.

“Secepatnya kami lakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait,” kata dia ketika dihubungi JawaPos.com (Grup GoBekasi), Sabtu (2/9/2017).

Terpisah Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut saksi yang akan dimintai keterangan adalah pelapor Muannas Al Aidid sebagai saksi. “Segera kami lakukan pemeriksaan, rencananya pekan depan dijadwalkan untuk diminta klarifikasi dari pelapor,” ucap dia ketika dikonfirmasi, Sabtu (2/9)

Selain Muannas, penyidik juga bakal memeriksa saksi ahli pekan depan. Saksi ahli seperti ahli ITE, bahasa dan pidana yang akan dimintai keterangan dalam kasus itu.

Kemudian Jonru sebagai terlapor juga tentu diperiksa. “Tentunya yang bersangkutan (Jonru) akan kami periksa setelah saksi lainnya dimintai keterangan,” tambah dia.

Sebelumnya dia menuturkan, Jonru Ginting dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena dianggap kerap menyebarkan ujaran kebencian melalui dunia maya. Pelapornya yakni Muannas Al Aidid yang berprofesi sebagai pengacara yang melaporkan Jonru ke polisi Kamis 31 Agustus 2017.

Laporan yang dibuat Muannas telah diterima polisi dengan nomor LP/4153/ VIII/2017/ PMJ/Dit. Reskrimsus. Dalam laporan itu, Jonru diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

(elf/JPC/gob)



loading...

Feeds

IMG_20170918_082345

Anggota Kodim 0509 Dites Urine

DANDIM 0509 Kabupaten Bekasi berharap anggotanya tidak terlibat dalam narkoba, baik sebagai pemakai apalagi pengedar. Hal itu diungkapkannya saat tes …