11 September, PDIP Umumkan Calon

PDIP

PDIP

DEWAN Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Bekasi pada pertengahan September akan mengumumkan siapa saja calon wali kota dan gubernur yang akan diusungnya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang salah satunya Kota Bekasi dan Jawa Barat.

“Jadi kami umumkan semua bertahapan mulai tanggal 11 september,” kata Bendahara DPD PDIP Jawa Barat, Waras Wasisto, Sabtu (2/9/2017).

Ia menuturkan, PDIP telah menyiapkan skenario pemenangan untuk Pilkada serentak 2018 diantarnya Pilkada Kota Bekasi dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Yakni, akan memunculkan sosok kepala daerah yang penjaringannya dilakukan dari internal partai dan eksternal partai.

“Ya kekuatan kita ada di gotong-royong. Memang secara ideal itu dihadirkan dari internal tapi yang menentukan lihat peta elektabilitas. Jadi secara peta dilakukan perpaduan antara internal dan eksternal partai baik Pilwalkot cagub dan Jawa Barat,” kata dia.

Menurut dia, PDIP juga terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai terkait Pilgub Jawa Barat 2018 walaupun secara jumlah kursi di legislatif partainya bisa mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi.

“Kalau koalisi, kami melihat kerja sama antar parpol penting. Jabar penduduk banyak dan besar. Tantangan tidak ringan. Termasuk aspek ideologi. Sehingga kami perlukan proses politik partai lain,” terang Waras.

Lanjutnya, PDIP telah memasuki tahap akhir dalam seleksi dan evaluasi bakal calon gubernur maupun bakal calon bupati dan wali kota.

Menurutnya, pada proses seleksi dan evaluasi tersebut, PDI Perjuangan akan mengumumkan calon gubernur lebih dahulu, baru kemudian mengumumkan calon bupati dan wali kota.

Dirinya menjelaskan, PDI Perjuangan sebagai partai pemenang pemilu tahun 2014, memiliki figur kader terabaik untuk diusung sebagai calon kepala daerah, tapi disi lain menyadari bahwa pilkada diselenggarakan secara langsung sehingga kepala daerah yang akan terpilih ditentukan oleh pilihan rakyat.

Dalam perspektif ideal, menurut Waras, PDIP menyiapkan kader terbaiknya, tapi di sisi lain juga melakukan pemetaan politik yakni dengan mengsurvey tokoh-tokoh siapa saja yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi.

“Hasil dari pemetaan tersebut, nantinya yang menjadi dasar petimbangan bagi PDIP untuk mengusung calon kepala daerah,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Marissa Nasution. (Foto: JPNN)

Marissa Nasution Hamil?

ARTIS Marissa Nasution heboh dikabarkan sudah hamil. Kabar ini mencuat setelah perut Marissa terlihat membuncit saat melakukan foto prewedding. Terkait …
BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BK Porda Jabar POBSI 2 Kubu?

BABAK Kualikasi (BK) Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII, Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneisa (POBSI) terpecah-pecah. Pasalnya, dalam waktu bersamaan BK …