Pendidikan Dasar dalam 6 Bulan Menuju Visi Dinas Pendidikan Kota Bekasi

 Krisman (kedua dari kiri, kemeja putih) bersama para juara Olimpiade SMPN Jawa Barat

Krisman (kedua dari kiri, kemeja putih) bersama para juara Olimpiade SMPN Jawa Barat

Kota Bekasi Terdepan dalam Pelayanan Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Bekasi, Krisman Irwandi, SE, M.Si

Oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kota Bekasi, Krisman Irwandi, SE, M.Si

 

PENDIDIKAN dalam terminologi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Nomor 20 tahun 2003 adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Kata usaha sadar merujuk pada segala daya upaya untuk mencapai pemahaman mendasar soal pendidikan tersebut. Pendidikan merupakan hak semua warga Negara sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945, dan penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua.

Moto Kepala bidang Pendidikan Dasar dalam melaksanakan program adalah 3-S (Senyum Sapa Salam) dalam mencapai Visi Dinas Pendidikan kota bekasi “Terdepan dalam Pelayanan Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter”

Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Bekasi diatur dalam Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 13 Tahun 2014, yang mengatur tentang :

  1. Tujuan pengelolaan pendidikan adalah untuk menjamin :
  2. Akses masyarakat atas pelayanan pendidikan yang mencukupi, merata, dan terjangkau.
  3. Daya saing pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat
  4. Efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan.
  5. Prinsip pengelolaan pendidikan adalah :
  6. Pendidikan diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk pencapaian visi kota Bekasi yaitu mewujudkan Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan.
  7. Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, nila kultural dan kemajemukan.
  8. Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistematis dengan system terbuka dan multimakna
  9. Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.

Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladan, membangun kemauan, dan  mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Peraturan Walikota Nomor 69 Tahun 2016 tentang Tugas, Pokok dan Fungsi Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bekasi, merupakan landasan dalam melaksanakan tugas,

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Krisman Irwandi, SE. M.Si menyatakan bahwa Bidang Pendidikan Dasar merupakan bidang yang melaksanakan program jenjang SD dan SMP, yang terbagi dalam  3 Kepala Seksi, yaitu

  1. Seksi SMP
  2. Seksi SD
  3. Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan

Dalam perjalanan melaksanakan tugas selama 6 bulan Kepala Bidang Dikdas telah melakukan proyek perubahan dengan membuat regulasi peraturan walikota tentang Rekomendasi  mendirikan SD dan SMP swasta, Sistem Pengendalian Pengendalian Laporan Keuangan melalui aplikasi sistem keuangan Bantuan Operasional Sekolah satuan pendidikan tingkat SMP.

Prestasi Bidang Pendidikan Dasar selama 6 bulan tahun 2017, sebagai berikut :

  1. Juara I Tingkat Nasional untukGuru SD Berprestasi  atas nama  Misnawati Guru SD dari Kecamatan Bekasi Barat.
  2. Juara II Tingkat Provinsi Jawa Barat untuk lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD
  3. Juara III Tingkat Provinsi Jawa Barat untuk Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP.
  4. Juara I Tingkat Provinsi Jawa Barat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat SD cabang olahraga Karate atasnama Syifa Amalia Akhmad SDN Jatimakmur V. Kecamatan
  5. Juara I Tingkat Provinsi Jawa Barat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat SMP cabang olahraga Karate atasnama Mayang Putri Aurryel  SMPN  3 Kota Bekasi.
  6. Juara I Tingkat Asia di china atasnama Nur Aini Rasyid SMPN 24 Kota Bekasi.

Jenjang satuan pendidikan bidang Pendidikan Dasar terdiri dari :

  1. Jenjang Sekolah Dasar yang berjumlah SD Negeri : 419 sekolah, SD Swasta :  243 sekolah.
  2. Jenjang Sekolah Menengah Pertama berjumlah SMPN : 43 sekolah, Unit Sekolah Baru (USB) 6 sekolah dan SMP Swasta :

Kepala Bidang Pendidikan Dasar mengatakan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan jenjang SMP  dibantu oleh tenaga fungsional sebanyak  34 orang Pengawas SMP dan Jenjang SD dibantu oleh tenaga fungsional  sebanyak  69 pengawas SD yang tersebar di 12 Kantor UPTD Pembinaan SD. (adv/gob)

 



loading...

Feeds