Distanikan Kota Bekasi Temukan 6 Hewan Kurban Pengidap Penyakit

(Ilustrasi) Penjual hewan kurban di Medansatria, Selasa (30/8/2016). (Foto: Dokumentasi GoBekasi.co.id)

(Ilustrasi) Penjual hewan kurban di Medansatria, Selasa (30/8/2016). (Foto: Dokumentasi GoBekasi.co.id)

SEBANYAK enam hewan kurban di Kecamatan Mustikajaya menderita penyakit saat dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Senin (28/8/2017).

“Kita temukan ketika memeriksa hewan kurban di dua kelurahan di Kecamatan Mustikajaya, ada enam ekor yang terindikasi mengidap penyakit,” kata petugas pemeriksa hewan kurban, Subronto.

Enam hewan kurban itu, lanjut Subronto, mengidap penyakit demam dan sakit mata. Ia menegaskan, hewan-hewan yang mengalami demam dan sakit mata tersebut akan dipisahkan dan diisolasi.

“Sehingga masih ada waktu yang cukup untuk memulihkan kondisi hewan-hewan tersebut jelang hari raya Idul Adha,” katanya.

Subronto mengatakan, hewan yang sedang dalam kondisi tidak sehat ini tentu tidak diperbolehkan untuk disembelih karena dikhawatirkan bisa memengaruhi kesehatan manusia yang mengonsumsi daging mereka.

Hewan-hewan ini terserang penyakit, ujar Subronto, biasanya disebabkan karena perjalanan yang cukup jauh dari daerah asal mereka hingga Bekasi.

Hewan-hewan kurban yang dijual di Kota Bekasi rata-rata berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain karena kelelahan, faktor lain yang bisa memengaruhi kondisi hewan kurban adalah makanan yang kurang bagus dan kurang segar.

“Mungkin daunnya sudah kering dan layu, seharusnya hewan-hewan ini diberi rumput yang segar. Selain itu juga diberi air minum yang cukup. Saya lihat di sini enggak disediakan, hanya sesekali saja,” tandasnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: Dok/Jpnn

10 Perwakilan MUI Datangi Kedubes AS

POLDA Metro Jaya bakal memfasilitasi pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Itu dilakukan Polda sekaligus …